Hermanto Dorong Pemprov dan Pemkab Banyuwangi Bersinergi Bangun Infrastruktur Pariwisata

 205 pembaca

BANYUWANGI – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur Hermanto mendorong terciptanya sinergitas antara Pemprov Jatim dan Pemkab Banyuwangi untuk pengembangan infrastruktur pariwisata.

Menurut Hermanto, Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah dengan tingkat pertumbuhan pariwisata  tertinggi di Jawa Timur.

“Kita akan dorong Pemprov Jatim untuk bersinergi bersama Pemkab Banyuwangi agar terjalin sinkronisaai pengembangan infrastruktur pariwisata,” kata Hermanto di Banyuwangi, Senin (31/5/2021).

Hermanto yang juga mantan ketua DPRD Banyuwangi ini menyebutkan, sinergitas antara Pemprov dan Pemkab harus terjalin dengan baik, agar bisa menopang kebijakan pengembangan pariwisata.

Menurutnya, ada beberapa program pariwisata dimana Pemprov dan Pemkab Banyuwangi dapat berkolaborasi. Yakni tentang pengembangan infrastruktur di jalur lingkar selatan dan pembangunan terminal pariwisata di Kecamatan Subo.

“Ada beberapa kebijakan Pemkab terkait dengan pengembangan pariwisata yang bisa disinergikan dengan Pemprov. Salah satunya pembenahan infrastruktur di jalur lingkar selatan, dan rencana pembangunan terminal pariwisata,” jelasnya.

Saat ini, Kabupaten Banyuwangi, merupakan daerah dengan destinasi pariwisatanya yang memiliki popularitas dan telah diakui dunia internasional.

Pada situasi Covid 19 saat ini, lanjut Hermanto, melakukan pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata menjadi hal yang sangat realistis, karena dari sektor pariwisata akan membuka kran peluang usaha pada sektor lain.

Dia meyakini setelah proses vaksinasi berjalan dengan baik, obyek wisata akan kembali dipadati pengunjung. Oleh Sebab itu adanya peran Pemprov dalam bersinergi mengembangan pariwisata di Banyuwangi akan berdampak pada meningkatkan pemasukan ekonomi bagi daerah.

“Dalam situasi pandemi saat ini, pariwisata adalah sektor paling realistis untuk menjadi penopang pemulihan ekonomi, dan peluang itu jelas harus dimanfaatkan untuk menambah pemasukan daerah,” pungkasnya. (ryo/pr)