oleh

DPC Lamongan Sebar Komik Bung Karno, Kusnadi: Agar Anak-anak Tak Cuma Kenal Artis Korea

-Headline-131 kali dibaca

LAMONGAN – DPC PDI Perjuangan Lamongan menyebarluaskan buku komik serial Bung Karno Bapak Bangsa kepada para pelajar sekolah dasar. Langkah ini dilakukan agar anak-anak bangsa tak sekadar mengenal artis-artis Korean Pop (K-Pop).

“Sebagai suatu bangsa yang besar kita tidak boleh melupakan sejarah,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi SH MHum yang ikut turun langsung membagikan komik kepada para pelajar.

Proses kelahiran sebuah negara, lanjut Kusnadi, ibarat kelahiran seorang anak yang dilahirkan oleh seorang ibu. Negara ini dilahirkan Bung Karno bersama tokoh-tokoh kemerdekaan melalui proses panjang hingga diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Diakui Kusnadi, ia dan kader-kader PDI Perjuangan mempunyai kewajiban untuk mengenalkan tokoh-tokoh bangsa, salah satunya bapak bangsa pendiri Indonesia, Bung Karno, melalui bacaan sejarah kepada anak anak.

“Terlebih bulan Juni adalah bulan Bung Karno. Pada bulan ini, setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila yang dicetuskan oleh Bung Karno. Kemudian 6 Juni sebagai hari Lahir Bung Karno dan 21 Juni hari dimana Bung Karno meninggal dunia,” beber Kusnadi.

“Alasan tersebut mendasari PDI Perjuangan menyebarluaskan komik Bung Karno Bapak Bangsa, agar anak anak kita tahu kebenaran sejarah bangsa Indonesia,” imbuh Kusnadi.

Lebih lanjut Kusnadi juga mengungkapkan, buku ini didesain dengan gambar karikatur. Hal ini menjadi strategi untuk menarik minat baca anak-anak.

“Juga untuk mengurangi ketergantungan anak-anak kita terhadap gadget. Selain itu, daripada anak-anak kita lebih mengenal artis-artis Korea, kan alangkah baiknya mereka tahu sosok pendiri bangsa Indonesia yaitu Bung Karno,” terang Kusnadi.

Politisi juga Ketua DPRD Jatim ini menambahkan, adalah kesalahan terbesar bagi generasi saat sekarang bila anak-anak ini nantinya tidak mengenal tokoh bangsanya sendiri. “Ini akan berimbas pada kehilangan jati diri generasi mendatang. Sebenarnya kita itu siapa? Dari bangsa mana? dan siapa proklamator kita?, ucap Kusnadi.

Sebelum itu terjadi, lanjut Kusnadi, DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Jatim segera mendistribusikan ribuan buku ” Bung Karno Bapak Bangsa”.

“Agar kelak, anak-anak kita mengenal bangsanya sendiri daripada bangsa luar,” pungkasnya.

Pendistribusian buku dilakukan Kusnadi bersama kader-kader DPC PDI Perjuangan Lamongan di Desa Putatkumpul, Kecamatan Turi, Kamis (10/6/2021). Pendistribusian buku secara seremoni dilakukan oleh ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi; anggota DPR RI Nasyirul Falah Amru, Ketua DPC Lamongan, Saim; Sekretaris DPC, Reso Supranoto; dan Bendahara DPC Fujika Senna Oktavia. (ak/hs)