oleh

Di Panggung Kepemimpinan Dunia, Kang Giri Beberkan Gotong-Royong dan Museum Peradaban

-Eksekutif-27 kali dibaca

PONOROGO – Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menjadi narasumber dalam dialog bertaraf internasional dengan tema “Kepemimpinan Daerah sebagai Kekuatan Negara di Panggung Dunia” yang digelar oleh Airlangga Forum, via Zoom Meeting, Jumat (11/6/2021).

Airlangga Forum merupakan program podcast interaktif yang menghadirkan narasumber bereputasi nasional atau internasional. Airlangga Forum mengundang Kang Giri -sapaan akrab Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko – bersama narasumber lainnya yaitu Dimas Oky Nugroho (Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian), Prof Badri Munir Sukoco (Direktur Pascasarjana Universitas Airlangga) dan Suparto Wijoyo (Wadir III Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga) serta Gus Munif dari Pondok Modern Darussalam Gontor.

Prof. Badri Munir Sukoco mengatakan bahwa Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang akrab disapa ‘Kang Giri’ telah menunjukkan kepedulian pada kreativitas masyarakat Ponorogo.

“Saya rasa itu bentuk keberpihakan beliau pada kreatifitas ekonomi daerah,” tutur Prof. Badri.

Kang Giri sendiri mengungkapkan bahwa Ponorogo memiliki potensi yang luar biasa, mulai kekayaan alam, budaya hingga berbagai kekuatan para tokoh-tokoh yang dilahirkan.

“Dari situlah kami bermimpi agar Ponorogo mampu menjadi sebuah daerah maju dengan sentuhan yang tepat,” ujar Bupati dari PDI Perjuangan itu.

Kang Giri menambahkan, ia terpilih menjadi Bupati Ponorogo dalam kondisi serba keterbatasan karena pandemi. Namun, ia dituntut untuk berfikir dalam kondisi tidak pandemi.

“Kami harus berkreasi, kami harus benar-benar mampu menekan pandemi di satu sisi perekonomian harus terus berjalan. Untuk itu kami perlu berfikir out of the box,” jelas Kang Giri.

“Di bidang pertanian, ada penemu benih padi dengan nama Kreasi Insan Petani dengan hasil panen bisa meningkat mencapai dua hingga tiga kali lipat. Selain itu ada porang, dan Ponorogo telah ditunjuk sebagai pilot project porang nasional,” urai Kang Giri.

Pun dalam membangun Ponorogo digunakan sistem gotong royong seperti face off Jalan HOS Cokroaminoto yang menggunakan anggaran hasil gotong royong.

Lebih lanjut, Kang Giri ingin Ponorogo memiliki museum peradaban, yang ada monumen Reyog yang menjulang tinggi ke angkasa. Atas hal itu, para peserta memberikan apresiasi positif untuk berbagai program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Bupati Ponorogo. (jrs/set).