oleh

Daniel Rohi Kagum Lihat Kesadaran Cinta Lingkungan Nelayan Sendang Biru

-Berita Terkini, Legislatif-44 kali dibaca

MALANG – Kelompok nelayan Gondang Bajul di Pantai Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan mencuri perhatian Daniel Rohi di sela-sela kegiatan resesnya.

Di tengah keterbatasan yang mereka alami Kelompok Nelayan Gondang Bajul menyisihkan waktu mereka setiap bulan sekali untuk bergotong royong membersihkan pantai dari sampah.

Pratik, salah satu anggota Kelompok Nelayan Gondang Bajul mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh nelayan disini. 

“Kalau disini pak, kita biasa membersihkan pantai setiap bulannya setidaknya satu kali. Sampah ini kan mengganggu aktifitas kami melaut, apalagi di masa paceklik seperti ini mencari ikan sulit,” ujar Pratik.

Daniel Rohi, Anggota DPRD Jawa Timur Fraksi PDI Perjuangan mengaku kagum akan kesadaran nelayan di Sendangbiru. 

“Mereka memiliki rutinitas yang patut diapresiasi dengan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan. Secara swadaya dan sukarela mereka sadar akan kebersihan lingkungan,” jelas Daniel Rohi

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur juga ikut turut serta membersihkan pantai, bergotong royong bersama dengan nelayan, di sela-sela jadwal resesnya.

Ia mengungkapkan nelayan disini patut mendapat apresiasi atas usaha dan kesadaran terhadap lingkungan hidup. Sebagai realisasi salah satu poin dari 10 perintah partai yang diperintahkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. 

“Nah kegiatan yang mereka lakukan ini harus kita bantu nantinya. Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah mengeluarkan 10 perintah partai yang harus dilaksanakan seluruh kader PDI Perjuangan. Salah satunya kan soal lingkungan hidup, maka nanti kegiatan para nelayan disini akan kita bantu betul,” tegasnya.

Daniel Rohi juga menyatakan akan mencoba berkomunikasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Jawa Timur agar program bersih-bersih pantai oleh nelayan dapat dibantu dalam pendanaannya.

“Dinas Kelautan dan Perikanan akan meluncurkan padat karya berupa bersih-bersih pantai. Kita akan coba nanti sampaikan kegiatan nelayan disini yang menurut saya layak dapat bantuan,” pungkasnya. (ace)