oleh

Ciptakan Budaya Literasi Digital, Bupati Arifin Bakal Gandeng Kelompok Literasi

-Eksekutif-32 kali dibaca

TRENGGALEK – Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin mengatakan, pihaknya akan menggandeng kelompok literasi di Trenggalek sekaligus mendorong mereka menciptakan budaya literasi melalui sistem digital.

Selain itu, Pemkab Trenggalek akan menempatkan perpustakaan keliling di ruang publik yang dikenal dengan istilah pojok baca.

“Ini nanti juga akan menjadi salah satu sarat untuk Kementerian PAN-RB memberikan penilaian excellent di pelayanan publik,” kata Arifin, Sabtu (19/6/2021).

Hal itu dia sampaikan setelah dirinya meraih penghargaan dari Perpustakaan Nasional.

Penyerahan reward tersebut digelar di gedung pertemuan Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur dan diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Trenggalek Catur Budi Prasetyo pekan lalu.

Atas raihan itu, Bupati Arifin menyampaikan terima kasih dengan prestasi yang diraih jajarannya.

“Terima kasih atas kinerja dari teman teman OPD dan terima kasih juga pada seluruh masyarakat Trenggalek,” ucap bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Trenggalek Catur Budi Prasetyo mengatakan penghargaan dari Perpustakaan Nasional itu diberikan karena Pemkab Trenggalek dinilai sukses membina pelayanan perpustakaan, yang pada gilirannya memiliki dampak pada meningkatnya minat baca masyarakat.

Penghargaan tersebut, beber Catur, berupa juara 2 nasional untuk  pengelolaan perpustakaan tingkat SMK dan juara 1 Provinsi Jawa Timur untuk pengelolaan perpustakaan tingkat desa.

“Untuk SMK yang mendapat penghargaan itu dari SMKN 1 Trenggalek dan untuk perpustakaan desa, diraih oleh perpustakaan desa Buluagung,” terangnya. (man/pr)