Cegah Korupsi, Sujatno Ingatkan Pemdes se-Maospati Libatkan Rakyat dalam Pembangunan

 247 pembaca

MAGETAN – Pelibatan masyarakat dalam proses pembangunan menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyelewengan uang negara untuk keuntungan pribadi.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Magetan, Sujatno saat menjadi narasumber sarasehan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang dilaksanakan Unesa Surabaya.

Acara dilaksanakan di Balai Pertemuan Kelurahan Mangge, Selasa (27/9/2022), mengusung tema Membangun Integritas dan Budaya Anti Korupsi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Maospati, Kepala kelurahan dan Kepala Desa se-kecamatan Maospati, Ibu-ibu Ketua Penggerak PKK, dan perwakilan perangkat desa se-kecamatan.

Dalam pemaparannya Sujatno menyampaikan, pejabat di semua tingkatan harus menjadi pelopor gerakan budaya anti korupsi. Penguatan integritas sangat penting dalam hal pencegahan perilaku korupsi kolusi dan nepotisme.

“Pejabat yang duduk di pemerintahan desa harus bisa menjadi pelopor budaya anti korupsi,” kata Sujatno.

Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan ini menambahkan, kepeloporan mencegah korupsi bisa dilakukan dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan desa.

Selain itu, lanjutnya, dengan memberikan edukasi secara terus menerus terkait mengenai pengertian, perbuatan, dan bahaya serta dampak dari korupsi, serta bagaimana mencegahnya. (rud/hs)