oleh

Caleg PDIP Jatim: Proses Pengiriman TKI Perlu Pengawasan Serius

-Berita Terkini, Kronik-39 kali dibaca

SURABAYA – Caleg DPRD Jawa Timur dapil IX, Deni Wicaksono melihat kasus eksekusi mati TKI asal Majalengka, Tuti Tursilawati di Arab Saudi jadi pelajaran untuk pemerintah.

Melihat Peristiwa ini dia berharap Pemerintah segera memberikan perhatian serius terkait mekanisme dan proses pengiriman TKI atau TKW.

Deni yang juga Koordinator Komite Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan menjelaskan, yang harus diperbaiki saat ini adalah mekanisme, serta persyaratan TKI dan TKW yang dikirim ke luar negeri.

“Penertiban terkait dengan TKI ilegal harus ditertibkan, karena pemerintah tidak bisa menjangkau keseluruhan apabila ada oknum yang bermain dalam kejadian itu,” ungkap Deni kepada TribunJatim.com, Rabu (31/10/2018).

Deni menambahkan, peraturan yang berlaku saat ini juga harus ditegakkan terlebih dahulu.

“Jika memang nantinya terjadi pemerintah indonesia dengan timur tengah tidak mencapai kesepakatan, sampai dicabut pengiriman TKI itu, ya memang menjadi keputusan yang harus diambil bersama,” imbuh Deni.

Deni juga menyadari dalam konteks kasus tersebut, pengawasan menjadi hal yang paling utama.

Terkait moratorium pengiriman TKI ke Timur Tengah dari pemerintah RI, Deni secara pribadi melihat konteksnya secara global.

“Secara pribadi tidak kemudian setuju atau tidak, tapi melihat konteksnya lebih global lagi. Bahwa kemudian berapa jumlah TKI kita yang ada di luar negri, perlakuannya seperti apa, apakah memang seluruh negara di Timur Tengah melakukan hal seperti itu, tapi juga negara Asia bahkan negara yang lainnya,” ucap Deni. (*)