Bupati Tulungagung: PIP Bisa Membuat Generasi Muda Cerdas dan Cinta Pengetahuan

 28 pembaca

TULUNGAGUNG – Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan upaya pemerintahan Presiden Jokowi untuk menyiapkan generasi muda unggul dan cinta terhadap ilmu pengetahuan.

“Beasiswa PIP ini tujuannya untuk mencerdaskan generasi muda, termasuk di Tulungagung dan membuat mereka cinta terhadap ilmu pengetahuan,” kata Maryoto, di sela acara sosialisasi dan penyerahan sertifikat beasiswa PIP Jalur aspirasi di Gedung Mandala Krida Tulungagung, Sabtu (7/8/2022).

Kader PDI Perjuangan ini menjelaskan, PIP adalah program aspirasi yang dibawa wakil rakyat atau anggota DPR RI Komisi X Guruh Sukarno Putra. Dan merupakan program yang sangat luar biasa.

Tujuan PIP adalah selaras dengan program prioritas pemerintah pusat atau program dari Presiden Jokowi.

Program prioritas pemerintah itu sendiri ada 5, dan yang pertama adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang di dalamnya mengangkat isu utama yaitu pendidikan dan kesehatan.

“PIP adalah program utama. Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dan wakil rakyat kita Guruh Sukarno Putra untuk membantu anak-anak agar pintar dan menjadi harapan masa depan,” jelasnya.

Baca juga: Ribuan Warga Tulungagung Terima Beasiswa PIP Guruh Sukarno, Erma: Kader Banteng Harus Kawal

Selain itu, UUD Tahun 1945 juga mengamanatkan bahwa pemuda adalah generasi bangsa, termasuk putra-putri masyarakat Tulungagung. Untuk itu generasi penerus harus disiapkan agar semuanya mempunyai pengetahuan, cerdas dan pintar demi menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya yakin di antara putra-putri ini nantinya ada yang akan menjadi anggota DPRD, Camat, Wakil Bupati bahkan menjadi Bupati,” ucapnya

Atas nama warga masyarakat Tulungagung, Maryoto menyampaikan terima kasih atas bantuan PIP dari aspirasi Guruh Sukarno Putra.

Menurut dia, masuknya PIP ke Tulungagung merupakan perjuangan dari wakil rakyat dari fraksi PDI Perjuangan sehingga harus dikawal dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Ini merupakan salah satu perjuangan dari wakil rakyat dari PDI Perjuangan. Untuk itu kita harus manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Erma Susanti menambahkan, bahwa PDI Perjuangan melihat dan menganggap PIP adalah program ideologis partai.

Artinya, jika terkait dengan peningkatan SDM maka kader partai akan komitmen mengawal program itu dengan baik.

“Kami ingin melihat bagaimana program yang dibawa PDI Perjuangan melalui aspirasi Guruh Sukarno Putra, pelaksanaannya berjalan lancar,” katanya.

Erma juga mengajak semua masyarakat untuk bergotong-royong bersama PDI Perjuangan, memajukan anak-anak dan menyiapkan generasi yang unggul menuju Indonesia Emas 2045. (sin/pr)