oleh

Bupati Gresik Buka Program Layanan Operasi Katarak Gratis

-Eksekutif-16 kali dibaca

GRESIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik memberikan layanan operasi katarak gratis kepada masyarakat di SMA Al-Muniroh, Kecamatan Ujungpangkah.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani secara simbolis membuka kegiatan itu. Bupati didampingi Kepala Dinkes, drg Saifuddin Ghozali. Layanan operasi katarak gratis diikuti 50 warga.

Gus Yani sapaan akrabnya mengatakan, pelayanan kesehatan ini diharapkan bermanfaat kepada masyarakat agar tetap sehat dan bugar.

“Semoga bermanfaat, sehingga organ mata bisa tetap terlindungi,” ujar Gus Yani yang pada pilkada lalu diusung PDI Perjuangan ini.

Bupati milenial itu menyatakan, program ini bagian dari kolaborasi antara pemerintah melalui Dinas Kesehatan dan Fatayat serta klinik mata. “Kegiatan seperti ini terus kita tekankan di berbagai sektor,” katanya, Rabu (16/6/2021).

Disisi lain, Kepala Dinkes drg Saifudin Ghozali menyebut, mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Katarak menjadi salah satu penyebab utama kebutaan.

Dikatakan, operasi katarak mata memerlukan waktu lama. Tahap awal dua kali screening, kemudian dilakukan operasi. Pasca operasi harus kontrol dua kali.

“Mulai operasi, screening hingga kontrol tidak dipungut biaya, gratis. Terimakasih atas suport luar biasa dari pak bupati,” ungkap Ghozali.

Sementara Ketua PAC Fatayat NU Ujungpangkah, Jazilah, menyebut ada 50 warga yang mengikuti kegiatan itu. Mereka senang mendapat layanan gratis.

“Program kolaborasi dengan Dinkes Gresik ini juga sejalan dengan program kerja Fatayat NU Ujungpangkah,” pungkasnya. (mus/hs)