oleh

Blusukan Pasar Bojonegoro, Kirun Kampanyekan Gus Ipul-Mbak Puti

-Berita Terkini-15 kali dibaca

BOJONEGORO – Acara blusukan yang dilakukan Cawagub Puti Guntur Soekarno di Pasar Bojonegoro, Kamis (22/3/2018) terasa istimewa.

Sebab, seniman lawak kondang, Kirun, juga ikut mengampanyekan cawagub pendamping Cagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tersebut.

Tak ayal, kehadiran seniman senior itu membuat situasi pasar yang suasananya ramai, makin jadi heboh.

Figur ini memang telah dikenal luas oleh masyarakat Jawa sebagai penggiat kesenian tradisional Jawa, campursari, dan pelawak.

Dengan cekatan Kirun mengikuti Mbak Puti mengelilingi stan-stan pasar, dan menyapa semua warga yang ada di Pasar Bojonegoro.

Kirun pun memperkenalkan jago yang diusung PDIP, PKB, PKS, dan Gerindra di Pilgub Jatim 2018 itu.

“Ojok lali yo, calone iki. Gus Ipul-Mbak Puti, nomor 2. Dulur-dulur ojok sampek lali,” kata Kirun, sambil menunjukkan gambar sosok Cagub Gus Ipul-Cawagub Puti Guntur di sebuah poster.

Dia juga mempromosikan Cabup-cawabup Anna Muawanah-Budi Irawanto yang akan berlaga di Pilkada Bojonegoro. “Iki calon bupati-calon wakil bupatine. Nomor 3,” kata Kirun pada warga.

Sementara, seperti kampanye blusukan pasar sebelumnya, Puti Guntur menjadi rebutan warga. Ia menyalami, berfoto bersama, juga ikut berbelanja di pasar.

“Bapak dan Ibu sekalian, salam dari Gus Ipul. Jangan lupa pilih kami, nomor dua, untuk Jawa Timur makmur,” kata Puti.

Selesai mengunjungi pasar, Puti Guntur diarak naik becak, sambil mengangkat dua jarinya kepada warga. Dan, yang menjadi pengemudi becak adalah Kirun.

“Dulur-dulur Bojonegoro, ojok lali Gus Ipul-Mbak Puti. Nomor 2,” kata Kirun berulang-ulang. Warga pun mengangkat dua jarinya, menyambut ajakan Kirun.

Kepada wartawan, Kirun mengatakan telah mengenal Gus Ipul-Puti Guntur. Dan yang memperkenalkan adalah Bupati Ngawi Budi “Kanang” Sulistyono yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

Bahkan, sebut Kirun, dia banyak kenal dengan jajaran pengurus DPP PDI Perjuangan.

“Saya yakin, jika keduanya terpilih, kesenian di Jawa Timur akan maju dan terus berkembang,” ujar Kirun menjelaskan keterlibatannya dalam kampanye Cawagub Puti Guntur. (goek)