oleh

Basarah: Kampung Tangguh Layak jadi Role Model Penanganan Bencana

MALANG – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengatakan, model Kampung Tangguh yang banyak diterapkan di ratusan RW di Jawa Timur, sudah layak menjadi role model penanganan bencana.

Tidak hanya saat menghadapi pandemi Covid-19, namun lebih dari itu bisa digunakan model penanganan bencana lainnya baik alam maupun politik.

“Kampung Tangguh dikonsep secara akademis, memberikan rekomendasi untuk stakeholder baik institusi TNI-Polri, pemerintah dan tokoh masyarakat,” ungkap Basarah, kemarin.

Dalam sebuah seminar secara daring di Malang, dia pun menangkap adanya usulan yang memintanya untuk menggaungkan Kampung Tangguh kepada Presiden RI Joko Widodo. “Saya menyambut baik usulan ini. Role model ini akan terus dikonsepsikan secara nasional,” tegasnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini menyebutkan, salah satu permasalahan bangsa yakni soal kerukunan nasional. Bagaimana masyarakat masih terjebak dalam penyebaran disinformasi.

“Kalau tidak diciptakan ketangguhan mental dan ideologi mulai tingkat RW seperti Kampung Tangguh, permasalahan ini bisa mengancam ketahanan nasional,” tegas dia.

Kampung Tangguh digagas Universitas Brawijaya bersama TNI-Polri dan relawan Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC). Basarah menegaskan semangat gotong royong menjadi inti sari Pancasila yang diterapkan Kampung Tangguh.

“Isi kampung tangguh ini menjadi diskursus bukan hanya nasional tapi di kalangan pemangku kepentingan. Ini satu model yang paling realistis,” ujarnya. (goek)