oleh

Bangga Alutsista TNI, Jokowi: Anggarannya Bisa Naik 2-3 Kali Lipat

pdip jatim - jokowi di acara halal bihalal partai nasdemSURABAYA – Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan, TNI merupakan pilar pemersatu bangsa. Jokowi bangga dengan alutsista-alutsista TNI yang dipamerkan dalam pagelaran HUT TNI ke-69 di Pangkalan Komando Armada Timur, Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/10/2014).

“TNI pilar pemersatu bangsa. Semua alutisista dikeluarkan (dalam pagelaran HUT TNI) itu menjadi kebanggaan kita semua sebagai bangsa juga rakyat pasti bangsa,” kata Jokowi kepada wartawan usai mengikuti acara HUT TNI.

Profesionalisme prajurit dan moderinisasi alutsista, katanya, harus terus ditingkatkan jika pertumbuhan ekonomi di Indonesia dapat naik sesuai target yang ingin dicapainya. “Saya sampaikan berkali-kali kalau ekonomi baik di atas tujuh (persen), anggaran TNI bisa diperjuangkan dua sampai tiga kali lipat,” ujar Jokowi.

Dia menambahkan, peremajaan dan modernisasi alutsista penting dilakukan agar kemampuan TNI terus meningkat. Dia berpesan, profesionalisme prajurit TNI merupakan hal yang utama, dan Jokowi minta TNI konsisten menjaga hal itu.

Dalam HUT TNI kali ini, TNI mengeluarkan hampir semua alutsista terbarunya dari tiga matra TNI yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Ketiga matra ini ikut ambil bagian dalam sejumlah skenario operasi penyelamatan mau pun serangan tempur. (pri/*)