Bambang Riyoko Serahkan  Beasiswa PIP dari Mbak Puti untuk Ratusan Pelajar Ekonomi Rentan di Taman

 29 pembaca

SIDOARJO – Ratusan wali murid dengan kondisi ekonomi rentan di Kecamatan Taman dan sekitar boleh jadi bernafas lega. Pasalnya, beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi dari anggota DPR RI Puti Guntur Soekarno untuk anak-anak mereka telah cair.

Serah terima beasiswa dari Puti Guntur Soekarno, anggota DPR RI asal dapil Surabaya-Sidoarjo tersebut dilaksanakan di Cafe Banyumili, Desa Wage Kecamatan Taman, Sabtu (6/8/2022). Wakil Ketua DPRD Sidoarjo, Bambang Riyoko, mewakili Puti Guntur Soekarno menyerahkan beasiswa tersebut.

Bambang Riyoko yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo berpesan agar wali murid penerima manfaat tak henti-hentinya mendampingi putra atau putrinya dalam proses belajar.

“Saat ini zaman semakin modern dan dunia semakin maju, tentu semuanya itu ada dampak positif dan negatifnya. Jangan sampai putra atau putri panjenengan kena dampak negatifnya. Maka orang tua wajib mendampingi proses belajar anak,” katanya.

Bambang Riyoko menambahkan, Puti Guntur Soekarno maupun dirinya, sebagai petugas Partai yang ada di legislatif mengupayakan untuk semakin memperkuat akses pendidikan.

“Untuk memastikan generasi bangsa agar memperoleh pendidikan yang layak,” jelasnya.

Staf dari Puti Guntur Soekarno, Rakhmad Pavi Harjo pada acara tersebut menjelaskan bagaimana proses pengajuan beasiswa hingga terwujud.

“Ada prosesnya, dari mulai pendataan yang dilakukan kader-kader PDI Perjuangan, memverifikasi data, dan pemrosesan pihak Ibu Puti di Jakarta dan Kementerian Pendidikan. Kemudian realisasi dan diserahkan kepada yang berhak atau penerima,” kata Pavi.

Pada kesempatan itu, Pavi menyampaikan pesan dari Puti Guntur Soekarno. Bahwa tidak ada hak bagi siapapun untuk memungut serupiah pun beasiswa tersebut dari penerima. Pavi pun mempersilahkan penerima untuk melapor ke pihak berwajib jika dikenai pungutan.

Untuk diketahui, beasiswa PIP untuk Pelajar SD senilai Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, dan SMA/SMK Rp 1 juta. Dana bantuan tersebut ditransfer oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan langsung ke rekening masing-masung siswa penerima.

Sementara itu, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Taman, mewakili para walisiswa menyampaikan terima kasih kepada Puti Guntur Soekarno dan kader-kader Partai yang sudah bergotong royong mewujudkan beasiswa. (hs)