Bagikan 100 Alsintan ke Petani di Sumenep, Said: Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian

Loading

SUMENEP – Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah, membagikan berbagai jenis alat mesin pertanian (Alsintan) ke sejumlah petani di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin (3/1/2021). Jumlah Alsintan yang dibagikan sebanyak 100 unit.

Pembagian Alsintan sendiri bertempat di Balai Pertanian Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep. Ikut mendampingi MH Said Abdullah, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Arif Firmanto, Camat, dan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sumenep.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu menyerahkan Alsintan secara simbolis kepada kelompok tani dan petani yang berada di 26 desa dari 18 kecamatan di Sumenep.

“Hari ini kami membagikan Alsintan sebanyak 100 unit, di antaranya hand traktor dan mesin pompa air,” ungkap Said.

Ketua Bidang Perekonomian DPP PDI Perjuangan itu menuturkan, bantuan berupa Alsintan kepada petani di Madura, khususnya di Kabupaten Sumenep sudah dilakukannya sejak tahun 2010 lalu.

“Seingat saya, bantuan seperti ini sudah saya lakukan sejak Bupati Busyro Karim tahun 2010. Minimal jumlah bantuan yang saya berikan 50 hingga 70 unit. Dan tahun ini 100 bantuan saya salurkan hampir setiap tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, setiap tahun pihaknya selalu menggelontorkan bantuan berupa alat mesin pertanian ke masing-masing kabupaten di Pulau Madura.

“Kalau saya datang ke sini (Sumenep) khusus. Tapi, saya juga salurkan se-Madura, walaupun jumlahnya berbeda. Khusus untuk Sumenep, saya salurkan 100,” katanya.

Said menjelaskan, secara teknis, penerima bantuan tersebut tidak perlu melakukan pengajuan, sebab bantuan tersebut merupakan permintaan khusus dirinya ke Menteri Pertanian RI.

“Ini beda. Kalau mereka lewat dinas semuanya birokratis. Tapi karena ini khusus permintaan saya ke Menteri Pertanian, maka bentuknya langsung hibah, memotong mata rantai birokrasi,” tuturnya.

Said menambahkan, tujuan pemberian bantuan tersebut untuk memudahkan petani atau kelompok tani mendapatkan alat pertanian yang moderen. “Alat tersebut diharapkan mampu membantu petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menyampaikan terima kasih kepada MH Said Abdullah karena telah memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian kepada petani di Kabupaten Sumenep. Menurut Fauzi, dengan Alsintan tersebut bisa meningkatkan produksi hasil pertanian.

“Tentu saja, alat ini sangat membantu petani. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Said Abdullah,” kata Fauzi. (set)