Asian Games Sukses, Ini Pujian Media Internasional untuk Indonesia

 88 pembaca

JAKARTA – Untuk keduakalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games setelah kali pertama pada Asian Games 1962. Tahun ini, ajang olahraga terbesar di Asia itu digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Setelah berlangsung selama dua pekan, Asian Games 2018 resmi ditutup pada Minggu (2/9/2018), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Apresiasi dilayangkan kepada Indonesia sejak pembukaan, selama penyelenggaraan, hingga penutupan kemarin. Indonesia dinilai berhasil dan sukses menjadi tuan rumah Asian Games ke-18.

Lima media internasional memuji keberhasilan Indonesia melalui pemberitaannya:

  1. The New York Times

The New York Time Puji Asian Games di Indonesia melalui berita tanggal 2 September 2018. The New York Times, salah satu media besar Amerika Serikat, memuji kapasitas Indonesia yang dinilai berhasil menunjukkan ‘Energy of Asia’ yang diusungnya dari penyelenggaraan Asian Games kemarin.

Mulai dari pembukaan, penyelenggaraan, hingga penutupan, Indonesia mendapat pujian dari dunia internasional.

Dalam berita berjudul Asian Games close: Indonesia Shows It’s ‘Energy of Asia, media ini menyebut upacara pembukaan 18 Agustus lalu melibatkan koreografi yang sangat kompleks. Meskipun, pada upacara penutupannya para atlet harus bernyanyi dan menari di bawah guyuran hujan.

  1. ABC News

Media Australia, ABC News puji Penyelenggaraan Asian Games di Indonesia melalui unggahannya di tanggal 2 September 2018. Berita dengan judul dan konten yang sama juga diunggah oleh Australian Broadcasting Corporation (ABC) News.

Kedua media ini melansir berita yang ditulis oleh wartawan olahraga The Associate Press, Stephen Wade.

Atas keberhasilan menjamu negara-negara Asia di Asian Games kali ini, Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia mampu menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan olimpiade di tahun 2032.

  1. China Morning Post

China Morning Post puji Asian Games di Indonesia melalui berita yang diunggahnya pada tanggal 2 September 2018. Media asal China ini memuji penyelenggaraan pesta olahraga multi-acara yang dituanrumahi Indonesia.

Disebutkan, Indonesia telah menunjukkan sebuah pertunjukan berkelas dunia, meskipun masih terdapat beberapa masalah logistik dan komunikasi. Akan tetapi, hal itu dianggap wajar dalam setiap perhelatan semacam ini.

Upacara pembukaan Asian Games di Gelora Bung Karno mendapat banyak pujian dengan latar gunung dan air terjun buatan yang memukau. Pun dengan atraksi Presiden Joko Widodo yang menaiki sepeda motor dibantu seorang stuntmant asal Thailand.

Media ini juga memuji sejumlah 30.000 pemuda dan pemudi dari penjuru Tanah Air yang menjadi relawan dan turut bekerja keras menyukseskan gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Atas capaian ini, Hangzhou dan Tokyo yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022 dan 2026 disebut harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik dengan melibatkan sosok-sosok kreatif dan artistik dari seluruh dunia untuk bisa mengalahkan Jakarta.

  1. Channel News Asia

Channel NewsAsia puji Asian Games 2018 melalui berita tanggal 2 September 2018. Media asal Singapura ini memuji Indonesia yang berhasil menyelenggarakan Asian Games dengan menjamu sejumlah belasan ribu atlet dan pejabat.

Tak hanya itu, Indonesia dapat menyelesaikan segala pembangunan infrastruktur tepat pada waktunya. Meski sebelumnya dilanda berbagai masalah seperti polusi udara dan kemacetan.

Keberhasilan ini memungkinkan Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang internasional yang lebih besar lagi seperti Olimpiade.

  1. VOA News

VOA News puji Asian Games di Indonesia melalui berita tanggal 2 September 2018. Pemberitaan VOA News menyebutkan, penutupan Asian Games Minggu (2/9/2018) berjalan dengan gemerlap cahaya juga kembang api dan menampilkan keragaman dari negara-negara peserta dengan menghadirkan artis kenamaan dari berbagai negara.

Indonesia dinilai sangat berhasil menyelenggarakan Asian Games kemarin, setelah menggantikan posisi Vietnam, yang sebelumnya membatalkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018 karena masalah keuangan negara. (kompas)