Senin
14 Oktober 2024 | 4 : 09

Kembangkan Perempuan Pelaku UMKM Trenggalek, Novita Berikan Akses Keuangan Inklusif

pdip-jatim-241013-uprintis

TRENGGALEK – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Novita Hardini menggelar Eduprintis Roadshow Special Edition. Acara menyambut Bulan Inklusi Keuangan 2024 itu digelar di Kelurahan Tegaren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Jumat (11/10/2024).

Kegiatan bertajuk “Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif Bersama Kelompok Perempuan Pengrajin Sentra Besek Premium Kabupaten Trenggalek” tersebut diikuti perempuan pelaku UMKM besek premium.

Dalam kesempatan itu Novita Hardini menekankan pentingnya akses keuangan inklusif untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM.

“Akses keuangan yang inklusif akan membantu kelompok perempuan, terutama pengrajin, untuk lebih produktif dan mampu mengembangkan usaha mereka. Ini juga menjadi langkah penting dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” ujar Novita.

Dukungan akses keuangan yang tepat, menurut Novita akan cepat mengembangkan UMKM dan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah.

“Perempuan memiliki potensi besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan dengan bantuan keuangan yang cerdas, mereka akan lebih mampu bersaing,” tambah perempuan yang terpilih sebagai anggota DPR RI dari dapil Jatim VII itu.

Selain diskusi mengenai akses keuangan, peserta edukasi juga mendapatkan pendampingan literasi keuangan digital, dengan tujuan memudahkan mencatat pengeluaran dan pemasukan dari usaha yang dijalankan dengan mudah.

“Kegiatan ini kita harapkan dapat menjadi titik awal bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan dukungan digital finansial yang lebih luas dari berbagai lembaga keuangan, sehingga mereka dapat memperluas pasar dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan,” jelas Novita

Instri Cabup Trenggalek Mochamad Nur Arifin itu juga menekankan pemberdayaan perempuan melalui UMKM bukan hanya soal ekonomi, tetapi juga soal memperkuat posisi perempuan dalam keluarga dan masyarakat.

“Dengan cerdas secara finansial, perempuan dapat memberikan kontribusi lebih besar tidak hanya bagi keluarga, tetapi juga bagi perekonomian daerah dan nasional,” paparnya.

Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Novita Hardini dalam mendorong pengembangan UMKM di Kabupaten Trenggalek, khususnya dalam mendukung kelompok perempuan agar lebih berdaya dan mampu menghadapi tantangan ekonomi saat ini.

Tentang Eduprintis Roadshow Bulan Inklusi Keuangan Program Eduprintis Roadshow merupakan bagian dari kampanye Bulan Inklusi Keuangan yang bertujuan memberikan akses informasi dan pelatihan tentang layanan keuangan bagi masyarakat, khususnya kelompok marginal dan pelaku UMKM.

Dalam edisi khusus ini, kegiatan difokuskan pada kelompok perempuan pengrajin yang memproduksi besek (anyaman bambu yang oleh masyarakat Jawa biasa digunakan untuk wadah makanan) premium, dengan tujuan mendukung mereka agar lebih melek finansial dan meningkatkan daya saing produk di pasar.

Diharapkan dengan adanya dukungan ini, pelaku UMKM perempuan di Trenggalek dapat terus berkembang dan berkontribusi lebih besar bagi pembangunan ekonomi nasional ke depan. (aris/pr)

BACA ARTIKEL PDI PERJUANGAN JAWA TIMUR LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tag

Baca Juga

Artikel Terkini

KRONIK

Menangkan Paslon Mardinoto dan Risma-Gus Hans, Winarno Gelar Mancing Bareng

TULUNGAGUNG – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tulungagung, Winarno, menggelar kegiatan mancing bareng ...
PEMILU

Blusukan, Paslon SAE Dapat Respon Positif dari Masyarakat Sidoarjo

SIDOARJO – Kampanye dilakukan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Sidoarjo, Achmad Amir Aslicin – Edy ...
PEMILU

Ony – Antok Apresiasi Langkah Pemenangan DPC PKB di Pilbup Ngawi

NGAWI – Deru mesin pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono – Dwi Rianto Jatmiko ...
KRONIK

Parade Musik Keroncong, Fauzi Dorong Jadi Agenda Tahunan Pemkab Sumenep

SUMENEP – Pemerhati seni, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, turut meramaikan Pagelaran Parade Musik Keroncong di ...
KABAR CABANG

PAC se-kabupaten Gresik Gelar Konsolidasi Internal Pemenangan Yani-Alif dan Risma-Gus Hans

GRESIK – Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan se-Kabupaten Gresik menggelar konsolidasi internal di ...
PEMILU

Bojonegoro Desa Bisa, Program Teguh – Farida untuk Bantu Permodalan dan Pemasaran Produk UMKM

BOJONEGORO – Calon Bupati Teguh Haryono mengunjungi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kerajinan tas di Desa ...