2023, Megawati Akan Umumkan Capres yang Diusung PDI Perjuangan

 544 pembaca

JAKARTA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sudah siap mengikuti seluruh tahapan Pemilu 2024 untuk meraih kemenangan secara tiga kali berturut-turut.

Adapun ini disampaikan Hasto dalam jumpa pers Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju Tahun 2023 yang digelar secara daring. Hadir juga sejumlah pengurus DPP PDIP di antaranya Mindo Sianipar, Yanti Sukamdani, Nursyiwan, Djarot Saiful Hidayat, Ahmad Basarah, Yasonna Laoly dan Sadarestuwati.

“Rekrutmen caleg dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota telah menjaring 27.802 bakal caleg. Seluruh bakal caleg telah mengikuti psikotest dan sekolah partai anti korupsi bekerja sama dengan KPK,” kata Hasto di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, konsolidasi partai terus dilakukan, dan semakin hari elektabilitas partai kian meningkat dengan persiapan matang. Sehingga di momentum yang tepat, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada tahun 2023 akan mengumumkan calon presiden yang akan diusung partainya.

“Konsolidasi yang dilakukan secara menyeluruh serta tingginya elektabilitas partai dan persiapan yang matang akan memperkuat optimisme partai sehingga ketika Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat di tahun 2023 nanti untuk mengumumkan calon presiden yang akan diusung PDI Perjuangan,” ujarnya.

Untuk itu, sambung dia, seluruh jajaran partai berada dalam keadaan siap, dan solid bergerak untuk memenangkan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

Saat momen tanya jawab, Hasto memperjelas soal pencapresan dengan menyebut Megawati akan mengumumkan pada tahun 2023 terkait Capres 2024.

“Jadi itu bocoran yang saya sampaikan, bahwa capres dari PDI Perjuangan akan diumumkan di tahun 2023,” jelas Hasto.

“Bocoran yang kedua, calon itu yang diputuskan yang tentu saja yang mampu melanjutkan nafas kepemimpinan, perjuangan dari Bung Karno, Bu Mega, dan Pak Jokowi. Yang ketiga calon tersebut telah dipersiapkan secara matang untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab bagi masa depan,” pungkasnya. (goek)