Wabup Timbul Terima Penghargaan Sebagai Pembina K3 Terbaik dari Gubernur Jatim

 1,466 pembaca

KABUPATEN PROBOLINGGO – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo , Timbul Prihanjoko mendapat apresiasi sekaligus pengharagaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan kepada kader PDI Perjuangan tersebut berupa Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Penghargaan langsung diberikan Gubernur Khofifah pada Kamis (12/1/2023).

Melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, pemberian penghargaan bertepatan dengan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 Tingkat Jawa Timur di lapangan bola Prapat Kurung Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Khofifah juga menyerahkan penghargaan kepada PT Maritim Batubara Pertama Kabupaten Probolinggo atas prestasinya dalam melaksanakan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Sehingga mencapai 1,787 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2013 sampai dengan 31 Oktober 2022.

Penghargaan Pembina K3 Terbaik ini hanya diberikan kepada 10 kepala daerah di Provinsi Jawa Timur. Selain Wabup Probolinggo, ada juga Bupati Gresik, Bupati Lamongan, Bupati Malang, Bupati Mojokerto, Bupati Pasuruan, Bupati Sidoarjo, Bupati Tuban, Walikota Surabaya dan Walikota Madiun.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah mengatakan, pemberian penghargaan K3 merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memberikan apresiasi dan memotivasi para Kepala Daerah.

Dalam hal ini, selaku pembina serta perusahaan yang telah menerapkan K3 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen K3, sehingga angka kecelakaan kerja nihil.

“Sehingga dengan demikian dapat tercipta kondisi lingkungan kerja yang aman, nyaman, kondusif dan sehat serta meningkatkan produktivitas kerja perusahaan di wilayah Jawa Timur,” ucap Khofifah.

Pihaknya berharap, momentum ini dijadikan trigger untuk terus memberikan pelayanan terbaik khususnya di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). (drw/hs)

Tinggalkan Balasan