Usai Debat ke-4, Ini Komentar Jokowi dan Kiai Ma’ruf

 86 pembaca

JAKARTA– Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan, apa yang disampaikannya selama debat ke-4 pada Sabtu (30/3/2019) malam, adalah sesuatu yang mengalir.

Setiap pertanyaan yang dilempar, baik oleh moderator maupun capres 02 Prabowo, dia jawab apa adanya.

“Kita ini apa, mengalir saja kok, mengalir. Ada pertanyaan, yang kita jawab apa adanya. Saya kira itu aja,” kata Jokowi, usai debat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat.

Menurut Jokowi, dirinya sudah banyak menyampaikan detail visi, misi, dan program yang ia usung yang berkaitan dengan tema debat keempat. Yakni ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

“Tadi saya sudah cerita banyak mengenai angkatan laut di Sorong, angkatan udara di Biak, saya kira udah jelas,” ujarnya.

Sementara itu, cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengatakan, penampilan Joko Widodo dalam dalam debat keempat pilpres memenuhi harapannya.

Jokowi, sebut Ma’ruf, tampil tanpa terprovokasi. Dia tidak terlihat emosi dan mampu menjelaskan seluruh permasalahan dengan jelas.

“Seperti yang saya harapkan, Pak Jokowi tidak terprovokasi, tetap cool, tidak emosi, sehingga bisa menjelaskan semua permasalahan secara detail dan jelas,” kata Ma’ruf Amin usai mengikuti acara debat keempat.

“Karena beliau terus, walaupun seperti ada provokasi beliau tidak terprovokasi itu yang saya harapkan, artinya harapan saya ternyata terbukti benar,” lanjut dia.

Menurut Ma’ruf, Pemerintahan Jokowi sudah melakukan perbaikan dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Namun demikian, perubahan tidak mungkin langsung dilakukan secara total dalam waktu singkat.

“Saya kira lengkap tadi dikemukakan itu, bahwa keinginan kita harus begini-begin. Nah itu kan keinginan itu, kan tidak harus sekarang terjadi seluruhnya, kan ada tahapan-tahapannya, saya kira sudah tepat,” ujar Ma’ruf. (goek)