oleh

Untari: Ada atau Tidak Ada Momentum Politik, Baguna Siap Membantu Masyarakat

-Berita Terkini, Kronik-36 kali dibaca

KOTA BATU – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengatakan, Partainya akan selalu terdepan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Seperti ketika terjadi musibah bencana, menurut Untari, melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), PDI Perjuangan akan menurunkan tim-nya untuk membantu upaya menolong warga di kawasan bencana. Atau meringankan beban hidup masyarakat akibat terdampak bencana.

“PDI Perjuangan tidak hanya bicara soal politik, tapi juga bicara tentang kemanfaatan partai politik di tengah-tengah masyarakat. Nah, melalui Baguna ini, kami hadir di tengah masyarakat membantu evakuasi korban misalnya, ataupun membantu keperluan korban bencana di tempat pengungsian,” kata Untari.

Itu dia sampaikan saat menyambangi anggota Baguna se-Jatim yang sedang mengikuti Diklat SAR, di Wisma Perjuangan, Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, kemarin.

Menurut Untari, Diklat SAR Baguna Jatim ini untuk menyiapkan personelnya, agar paham benar tentang cara-cara melakukan pertolongan korban saat terjadi musibah bencana.

Pelatihan Diklat SAR yang kali pertama dilakukan oleh partai politik ini, sebut Untari, sebagai antisipasi jika nanti ada bencana terjadi di Jawa Timur, maka Baguna PDIP Jatim siap mengirimkan tim dengan personel terlatih.

Tak hanya di Jatim, kalau DPP Partai menugaskan Baguna Jatim ke lokasi bencana di luar Jatim, pihaknya juga siap mengirimkan bala bantuan. “Untuk kepentingan membangun citra positif partai di tengah-tengah kebutuhan masyarakat, itu yang menjadi tugas kami sebagai partai politik,” ujarnya.

Upaya selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, lanjut Untari, dilakukan PDI Perjuangan kapan saja dan di mana saja. Tidak sekadar saat menghadapi momentum politik seperti jelang Pilkada 2020 ini.

Selain itu, tambah Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, pengabdian Baguna tidak hanya untuk kader-simpatisan PDIP. Semua masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi Baguna.

“Baguna siap 24 jam, baik personelnya, maupun peralatannya yang ada, untuk membantu masyarakat saat-saat dibutuhkan, baik itu darurat bencana maupun keadaan yang sudah agak melandai,” terang Untari. (rul)