oleh

Tiga Syarat Partai yang Baik Ini Dimiliki PDI Perjuangan

BATU – Anggota DPRD provinsi, kabupaten, kota dari PDI Perjuangan se-Jawa Timur, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Klub Bunga Resort, Kota Batu, Jumat (9/12/2016) sore.

Bimtek bertema Peran Legislatif dalam Meneguhkan NKRI dan Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat ini, akan berlangsung hingga Minggu (11/12/2016).

Bimtek kali ini, dibuka oleh Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Marhaen Djumadi. Sementara, Ketua dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur tidak bisa hadir di acara pembukaan karena menghadiri pengukuhan gelar doktor Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Achmad Basarah di Semarang,

Pada kesempatan itu, Marhaen mengatakan, ada tiga syarat partai yang baik. Pertama yaitu ideologi yang kuat dan dilaksanakan oleh kader partai. Kedua, struktur partai yang menjadi ada jalur komando instruksi kebijakan partai. Dan ketiga adalah partai yang mempunyai kader militan dan cerdas.

Ciri partai yang baik itu dikaitkan Marhaen dengan sikap politik PDI Perjuangan dalam menyikapi situasi nasional saat ini yang menunjukkan peningkatan eskalasi sikap intoleran. (Ini foto-foto Bimtek)

“Langkah tenang dan tidak mudah terbawa arus isu yang memanas adalah sikap politik PDI Perjuangan yang menunjukkan kematangan strategi dalam kehidupan berpartai dan berbangsa,” jelas Marhaen.

Sikap partai itu diikuti dan ditaati kader partai di tingkat bawah. Menurut Marhaen, ini adalah bukti bahwa tali komando dalam struktur PDI Perjuangan berjalan efektif.

Dia menambahkan, kader partai mesti bisa aktif ikut serta memberikan pendidikan politik pada masyarakat.

Bimbingan teknis bagi anggota dewan ini, ujarnya, adalah upaya untuk menjawab tantangan PDI Perjuangan dalam menghadapi persoalan bangsa belakangan ini.

Dia juga mengatakan, bimtek ini adalah pelaksanaan prinsip lima mantap PDI Perjuangan. Yakni mantap kader sebagai mantap ketiga. Menurutnya, kader tidak hanya cerdas tapi juga harus berpikir strategis.

“Dalam meneguhkan NKRI kita tempuh dengan jalan menjalin silaturahmi dengan berbagai kelompok elemen bangsa. Ini menunjukkan berbahwa PDI Perjuangan hadir dimana-mana sebagai bagian perekat bangsa,” pungkasnya. (sa)