oleh

Terobosan PDIP Sidoarjo, KTA Keliling 1,5 Menit Jadi

SIDOARJO – DPC PDI Perjuangan Sidoarjo terus membenahi administrasi kepartaian. Terbaru, melayani pembuatan kartu tanda anggota (KTA) di luar sekretariat.  Waktu pengurusan dari awal hingga jadi juga terbilang cepat.

Mujianto alias Pak Breng, 45 tahun, tak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Betapa tidak, sekian lama menjadi bagian dari keluarga besar PDI Perjuangan ia belum memiliki  KTA.

Namun, sejak Minggu (8/4/2018) malam, KTA yang diidam-idamkan itu ada di genggamannya.

Apalagi, proses pengurusannya dari awal sampai akhir terbilang sangat singkat. Hitungan waktunya pun tak sampai menghabiskan sebatang kretek.

“Semakin cinta saja sama PDI Perjuangan,” ucap Mujianto, Rabu (11/4/2018).

Mujianto adalah satu dari seratusan  orang yang memanfaatkan layanan KTA keliling pada malam itu. Wakil Sekretaris Bidang Internal DPC Sidoarjo Isnainiah, malam itu sengaja memboyong kru-nya untuk uji coba layanan KTA keliling di sela acara konsolidasi internal PAC dan Ranting se-Kecamatan Porong.

“Alhamdulillah. Ada 98 orang yang terlayani KTA on the spot,” ungkapnya.

Fisik dari KTA keliling ini, kata Isnainiah, tidak beda hasilnya dengan saat mengurus di sekretariat. Yakni, sama-sama memiliki barecode khusus.

Malah, jelas dia, prosesnya lebih cepat dibanding jika mengurus di sekretariat partai. “Kalau mengurus di DPC bisa jadi lebih lama. Karena tenaga kesekretariatan sedang banyak  pekerjaan,” kata Isnainiyah.

Bagaimana memanfaatkan layanan KTA keliling, Isnainiah menjelaskan jika peminat bisa langsung mendatangi tempat KTA keliling ini digelar. Umumnya KTA keliling digelar saat ada konsolidasi internal partai yang melibatkan banyak orang.

Untuk prosesnya, simpatisan ataupun masyarakat umum cukup menunjukkan KTP, di-fotoscan petugas, kemudian mengisi formulir. “Dalam waktu 1,5 menit jadi,” ujarnya.

Sementara Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tito Pradopo mengatakan, layanan KTA keliling diharapkan bisa mewujudkan sesegera mungkin keinginan simpatisan maupun anggota partai. Bahkan masyarakat umum yang berminat memiliki KTA PDI Perjuangan.

“Bagi keluarga besar PDI Perjuangan, memiliki KTA sangat penting. Sebagai bentuk pengakuan partai terhadap anggotanya,” terang Tito. (RA/HS)

rekening gotong royong