Tema Debat Kedua Jadi Keunggulan Jokowi

 17 pembaca

JAKARTA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan tema debat kedua Pemilihan Presiden 2019 adalah hal yang menjadi keunggulan Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Menurut dia, kebijakan Jokowi sebagai Presiden RI selama ini dalam bidang ketahanan pangan, infrastruktur, energi, dan lingkungan juga didukung oleh pemerintah daerah. Ini sebabnya banyak kepala daerah yang mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

“Dengan demikian beberapa kepala daerah juga kami hadirkan dalam debat tersebut karena mereka bisa memberi testimoni bagaimana kebijakan energi, bagaimana kebijakan di bidang pangan, di bidang infrastruktur,” kata Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Jumat (15/2/2019).

Debat kedua hanya untuk kandidat capres ini akan digelar pada Minggu (17/2/2019) di Hotel Sultan, Jakarta. Teman debat adalah soal energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur.

Untuk menghadapi debat kedua, TKN Jokowi-Ma’ruf sudah melakukan persiapan-persiapan terkait debat kedua Pemilihan Presiden 2019. Persiapan yang dilakukan meliputi penampilan Jokowi di panggung debat dan juga kegiatan-kegiatan di luar panggung.

“Ada tim yang secara khusus menyiapkan bagaimana on stage-nya nanti Bapak Jokowi terkait dengan tema-tema yang disampaikan yaitu energi, SDA, lingkungan, pangan, infrastruktur,” ujar Hasto.

Dia menambahkan persiapan on stage yang dimaksud berkaitan dengan hal teknis dalam debat. Misalnya mengenai penyesuaian penjelasan program dengan durasinya.

Selain itu, persiapan off stage juga dilakukan oleh TKN Jokowi-Ma’ruf. Maksudnya, menyediakan tempat-tempat nonton bareng yang bisa didatangi oleh para pendukung.

“Nonton bareng tidak hanya dilaksanakan tim kampanye dan relawan, tetapi juga parpol Koalisi Indonesia Kerja dan para caleg,” jelas Sekjen PDI Perjuangan ini. (goek)