oleh

Surabaya Terus Kembangkan Industri Kreatif Digital

PADA Agustus mendatang, para pakar teknologi digital akan menggelar konferensi startup digital, di Surabaya, Jawa Timur.

Sebagai pemrakarsa, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berharap pertemuan tersebut menjadi momentum awal dalam upaya mengembangkan Surabaya sebagai pusat startup digital layaknya Silicon Valley, di Amerika Serikat.

Untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam mengembangkan industri kreatif digital di Surabaya, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo, berkesempatan mewawancarai Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di Surabaya, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Siapa saja yang akan hadir dalam konferensi startup digital?

Ada beberapa CEO, seperti dari Google, Intel, Facebook, dan Instagram yang akan datang ke Surabaya dalam konferensi tersebut.

Tujuan akhir dari konferensi tersebut apa?

Awalnya pertemuan tersebut hanya terfokus pada bidang ekonomi. Namun, saya inginnya tidak hanya sisi ekonomi, tapi kami juga dapat lebih. Harapannya, antara pendidikan, swasta, dan dunia usaha bisa terkoneksi.

Sasaran kegiatan?

Kami ingin memberdayakan anak-anak muda melakukan startup business yang ditunjang sistem teknologi informasi berbasis internet.

Apalagi, selama ini, program pahlawan ekonomi dan pejuang muda yang memberdayakan penduduk, terutama ibu-ibu kampung dan anak-anak muda lewat ekonomi kreatif melalui jejaring digital, terbukti mendapatkan apresiasi luas, termasuk dari Facebook.

Ada banyak anak-anak di Surabaya yang tertarik di bidang ini, tetapi tidak ada yang melakukan mentoring.

Nanti, kami akan minta mentor untuk membantu mengaitkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari. Jadi bukan hanya e-commerce.

Harapan lain dari kegiatan konferensi internasional ini?

Di wilayah Asia Tenggara belum ada kampus Google, seperti yang ada di beberapa negara. Kami ingin Google nantinya mendirikan di Surabaya.

Kampus ini tidak seperti perguruan tinggi yang hanya berfokus pada pendidikan, tapi juga concern pada usaha. Bila Google setuju, Surabaya akan menjadi jujugan bagi startup digital dunia. N-3

Sumber: Koran Jakarta