Sukseskan Regsosek 2022, Bupati Tulungagung Kerahkan Semua Perangkat Desa dan Kelurahan

 310 pembaca

TULUNGAGUNG – Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mendukung penuh pelaksanaan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 di wilayahnya.

Bentuk dukungan yang dia berikan salah satunya adalah mengerahkan semua perangkat desa dan kelurahan untuk menyukseskan sensus pendataan sosial ekonomi secara nasional itu agar dapat berjalan sesuai prosedur.

“Support Pemkab Tulungagung untuk Regsosek akan kita kerahkan semua perangkat desa, kepala desa dan juga di kelurahan,” kata Maryoto Birowo di Tulungagung, Rabu (21/9/2022).

Sebelumnya, Maryoto membuka acara rakorda pendataan awal Regsosek Tahun 2022 di salah satu hotel di Tulungagung pada Selasa (20/9/2022) kemarin.

Kader PDI Perjuangan Tulungagung ini menambahkan, kegiatan Regsosek sangat penting dan berguna dalam mengevaluasi perkembangan sosial ekonomi di masyarakat, termasuk masalah inflasi.

Sehingga pendataan yang akurat pada sensus ini akan menjadi patokan dan digunakan untuk mengukur kevalidan data statistik oleh BPS (Badan Pusat Statistik).

Pelaksanaan Regsosek, sebut Maryoto, menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia. Selain bisa mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, pengembangan Regsosek yang komprehensif juga bisa mencapai tujuan pembangunan global.

“Insya Allah kita dapat mencapai berbagai tujuan pembangunan strategis, bahkan tujuan pembangunan global melalui pengembangan Regsosek yang komprehensif,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Tulungagung, Muhammad Amin menambahkan, kegiatan Regsosek di Tulungagung dimulai pada tanggal 14 September 2022 sampai dengan 15 November 2022.

Kegiatan itu juga melibatkan sebanyak 1.800 petugas yang sudah direkrut untuk diterjunkan ke masyarakat melakukan pendataan.

Pendataan Regsosek, lanjut Amin, merupakan kegiatan yang mencakup seluruh kegiatan yang berhubungan dengan sosial masyarakat, termasuk dinamikanya sehinga nanti terbentuk data yang komprehensif.

Agar data yang diperoleh valid, dibutuhkan kejujuran baik dari Panglima, petugas survei maupun responden survei.

“Kegiatan Regsosek, targetnya seluruh warga Kabupaten Tulungagung. Sedang yang terkait sosial ekonomi adalah yang menyangkut ketenagakerjaan, ekonomi, pendidikan, pendapatan dan sebagainya,” tutupnya. (sin/pr)

Tinggalkan Balasan