oleh

Sudah Diuji, Kandidat Cagub Jatim Tinggal Tunggu Rekom DPP PDIP

BANGKALAN – Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur yang mendaftar melalui PDI Perjuangan sudah mengikuti serangkaian tes di DPP PDI Perjuangan, Senin (7/8/2017).

Tahapan penyaringan itu di antaranya tes psikologi yang dilakukan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan wawancara langsung yang dilakukan DPP PDI Perjuangan.

“Jadi, sekarang tinggal menunggu saja, siapa yang nantinya direkom DPP, baik siapa yang akan jadi calon gubernur maupun siapa yang direkom jadi calon wakil gubernur dari PDI Perjuangan untuk Pilgub Jatim 2018,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, Sabtu (12/8/2017).

Dia menyebutkan, kandidat calon gubernur yang mengikuti fit and propertest adalah satu-satunya pendaftar, yakni Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang saat ini masih menjabat Wagub Jatim.

“Tapi kalau calon wakilnya, itu ada empat yang mengikuti fit and propertest, yakni saya sendiri, kemudian Pak Kanang (Bupati Ngawi Budi Sulistyono), Pak Handoyo (anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim Suhandoyo), dan Pak Azwar Anas (Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas),” urainya.

Meski uji kelayakan dan kepatutan sudah dilakukan, soal kapan rekom untuk kandidat akan keluar, pihaknya belum bisa menyebutkan.

“Kalau kami tentunya berharap rekom cepat turun. Agustus atau September depanlah sudah bisa keluar rekomendasinya, sehingga kita bisa melakukan sosialisasi pasangan calon lebih cepat,” harap Kusnadi.

Sementara, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengajak kader-kader partainya di Madura untuk bisa benar-benar solid dalam menghadapi Pilkada 2018. Sebab, Madura sudah terbukti berkali-kali menjadi kunci penting untuk memenangi Pilgub Jatim.

“Madura menjadi kunci di pilgub Jawa Timur. Suara Madura menentukan pemenang pilgub. Bagaikan Ohio di pemilihan presiden di Amerika Serikat,” ujar Hasto, di depan ratusan pengurus PDI Perjuangan se-Madura, Jumat (11/8/2017) malam.

Tak kalah penting, tambah Hasto, kader-kader PDIP harus bekerja total secara gotong royong untuk menghadapi pilkada. “Sekarang saatnya mempersiapkan struktur partai dengan skill sebaik-baiknya menghadapi pilkada,” ucapnya

Hasto dalam acara yang dihadiri Ketua PDIP Jatim Kusnadi, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno, dan anggota DPR RI Said Abdullah. (goek)