oleh

Sosok Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf, Ini Salah Satu Kriterianya

JAKARTA – Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Puan Maharani mengatakan, Ketua TKN bisa berasal dari kalangan mana saja.

Menurutnya, ketua timses haruslah seseorang yang bisa berkomunikasi dengan baik kepada pihak mana pun.

“Ya bisa berkomunikasi dengan baik, dengan capres-cawapres, bisa berkomunikasi dengan partai pendukung koalisi,” tutur Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Selain itu, tambah Puan, Ketua Tim Sukses Jokowi-Ma’ruf Amin juga harus bisa berkomunikasi dengan relawan atau elemen-elemen lain yang akan ikut bekerja dan membantu dalam pemenangan.

Saat ini, sejumlah nama sudah masuk bursa ketua timses, seperti Erick Thohir dan Najwa Shihab.

Ketika ditanya terkait kepastian nama tersebut sebagai ketua timses, Puan enggan untuk menjawab. Politisi PDI Perjuangan ini minta publik untuk menunggu pengumuman secara resmi.

Menurut Puan, masih ada waktu untuk memilih orang yang betul-betul tepat. “Semuanya tetap dikoordinasikan oleh para sekjen untuk kemudian lebih menguatkan nama-nama yang nanti akan didaftarkan,” katanya.

“Kan memang masih ada waktu untuk kemudian mendaftarkan untuk ketua tim kampanye, yang selalu dikomunikasikan dengan capres-cawapres,” lanjut perempuan yang juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini.

Sementara itu, Jokowi segera memutuskan siapa Ketua TKN dalam Pilpres 2019. Menurut Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Jokowi telah menyampaikan, akan mengambil keputusan, bisa malam ini, bisa besok.

“Ini hasil pembicaraan saya dengan beliau barusan. Kita tunggu keputusan beliau,” ujar Romahurmuziy kepada wartawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Pria yang akrab disapa Romi itu melanjutkan, sosok yang akan dipilih berasal dari kalangan pengusaha.

“Beliau akan memilih ketua tim kampanye nasional yang dekat dengan kalangan usaha, yang bisa menjadi representasi atau bisa dipersonifikasikan mewakili generasi milenial serta juga memiliki komunikasi yang baik dengan seluruh pimpinan partai politik,” ujar Romi.

“Pak Erick Thohir salah satu nama yang diperbincangkan, termasuk Pak Chairul Tanjung juga. Kita tunggu sajalah keputusan Pak Jokowi,” tambah dia. (goek)