oleh

Soal Cawabup, DPC Tulungagung Tunggu Tindak Lanjut dari Bupati

TULUNGAGUNG – Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung Susilowati mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat resmi pada Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, terkait penunjukan nama Gatut Sunu Wibowo (GSW) sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tulungagung dari PDI Perjuangan.

“Sudah kami kirim surat resminya ke bupati. Kami kirim sebelum Lebaran kemarin,” kata Susilowati, Senin (17/5/2021).

Menurut dia, dengan pengiriman surat resmi tersebut kini DPC PDI Tulungagung tinggal menunggu tindak lanjut dari Bupati Maryoto Birowo. “Mekanisme lanjutannya bagaimana, kami tinggal menunggu dari bupati,” tambahnya.

Perempuan berjilbab yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Tulungagung ini membeberkan, sesuai mekanisme yang diketahuinya setelah bupati menerima surat resmi dari DPC PDI Perjuangan Tulungagung, bupati akan menindaklanjuti dengan mengirim surat ke DPD Partai Nasional Demokrat (nasdem) Tulungagung.

Pengiriman surat tersebut untuk meminta kejelasan dari Partai Nasdem terkait cawabup yang dipilih mereka untuk didaftarkan bersama cawabup dari PDI Perjuangan ke DPRD Tulungagung.

Seperti diketahui, dalam pemilihan Wabup Tulungagung di DPRD Tulungagung, tidak hanya PDI Perjuangan saja yang berhak mengajukan calonnya. Tetapi juga dari Partai Nasdem.

PDI Perjuangan dan Partai Nasdem berhak mengajukan cawabup karena keduanya merupakan parpol pengusung pasangan Cabup/Cawabup Syahri Mulyo-Maryoto Birowo yang memenangkan Pilkada Tulungagung 2018 lalu.

Sebelumnya, Bupati Maryoto Birowo sudah menyatakan akan menindaklanjuti putusan DPP PDI Perjuangan yang telah menetapkan nama Gatut Sunu Wibowo sebagai cawabup dari PDI Perjuangan.

Dia pun bakal ] mengirim surat ke DPD Partai Nasdem Tulungagung agar juga memilih satu nama cawabup untuk disampaikan bersama-sama dalam pemilihan wakil bupati di DPRD Tulungagung setelah menerima surat resmi dari DPC PDI Perjuangan Tulungagung.

“Sebagai petugas partai kami akan menindaklanjuti instruksi yang telah diterbitkan DPP PDI Perjuangan terkait cawabup dalam pengisian pergantian antarwaktu (PAW) Wabup Tulungagung,” ujarnya di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso baru-baru ini.

Bupati yang kader PDI Perjuangan ini mengakui jika DPD Partai Nasdem Tulungagung sudah melakukan komunikasi dengan dirinya pasca turunnya instruksi DPP PDI Perjuangan yang telah menunjuk satu nama cawabup tersebut. (atu/pr)