oleh

Sikap Politik Golkar Memperkokoh Posisi Pemerintah

pdip-jatim-hasto-kJAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan ucapan selamat kepada Setya Novanto yang ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Golkar dalam munaslub di Bali.

Hasto juga menyebut, sikap politik yang diambil Golkar melalui munaslub, akan semakin memperkuat posisi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

“PDI Perjuangan mengucapkan selamat kepada Pak Setya Novanto yang terpilih sebagai ketua umum secara demokratis, sesuai mekanisme Partai Golkar yang tentu kita hormati,” kata Hasto Kristyanto kepada wartawan, Selasa (17/5/2016).

Sebagai partai politik seperti PDI Perjuangan, ujar Hasto, maka Golkar menghadapi tantangan ke depan yang tidak mudah. Di antaranya soal menurunnya kepuasan publik terhadap parpol, menyiapkan pemimpin bangsa, hingga meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Posisi Partai Golkar yang memberikan dukungan bagi pemerintahan Jokowi-JK, ini hal positif dalam konsolidasi politik dan dalam menghadapi tantangan perekonomian yang tidak ringan karena menurunnya perekonomian dunia,” paparnya.

Dengan sikap Golkar itu, sebut Hasto, dalam konteks parlemen memperkuat posisi pemerintah, dalam mengambil setiap kebijakan dan merealisasikan program kerja, baik dalam hal legislasi maupun budgeting.

Sejak awal, tambah dia, PDI Perjuangan berpendapat bahwa kerja sama antar partai politik dalam memenangkan pemilu presiden, begitu dilantik maka spirit yang dikedepankan spirit mewujudkan politik, membangun peradaban agar Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dari negara lain.

Sebelumnya, Setya Novanto terpilih dengan suara mayoritas dalam pemilihan di munaslub yang berlangsung hingga Selasa pagi tadi. Dalam munaslub yang berlangsung di BNDCC, Nusa Dua, Bali itu, Golkar menegaskan sikap politiknya keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP), dan menjadi partai pendukung pemerintah. (goek/*)