oleh

Sidak Sungai Pacalan, Suyono Wiling Temukan Limbah

-Legislatif-56 kali dibaca

MAGETAN – Ketua Komisi D DPRD Magetan Suyono Wiling inspeksi mendadak ke sungai Desa Pacalan Kecamatan Plaosan. Sidak menindaklanjuti laporan warga yang menengarai limbah kotoran ternak sebagai sebab tercemarnya air sungai.

Menurut Suyono Wiling, dari hasil pemeriksaan lapangan yang dilakukan pihaknya, tengara warga benar adanya. Limbah kotoran sapi ditengarai kuat berasal dari Kampung Susu Lawu (KSL).

“Di lokasi Kampung Susu Lawu memang belum ada IPAL untuk pengolalan limbah kotoran sapi,” ungkap Suyono Wiling, Senin (19/4/2021).

Dilema kemudian muncul. Kampung Susu Lawu di Singolangu sebagai salah satu ikon Magetan menopang perekonomian warga setempat, khususnya para peternak. KSL sendiri telah beroperasi sejak beberapa waktu lalu dengan kegiatan utamanya yakni pemerahan susu sapi.

“Mestinya sarana prasarana penunjang lainnya sebelum beroperasi, harus siap,” sesal Suyono Wiling.

Dihadapkan pada situasi tersebut, Suyono Wiling akan mengupayakan solusi dengan melibatkan banyak pihak baik dari kalangan masyarakat, aktivis lingkungan, dan pihak-pihak kompeten di bidang pengelolaan lingkungan. (rud/hs).

Komentar