oleh

Siapa Cagub DKI yang Diusung PDIP? Tunggu Malam Nanti

pdip-jatim-siapa-calon-kepala-daerahJAKARTA – Selasa (20/9/2016) malam ini, PDI Perjuangan bakal mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung ke Pilkada DKI Jakarta. Pengumuman dilakukan serentak dengan calon kepala daerah/calon wakil kepala daerah lain yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2017.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, hal itu dilakukan untuk menegaskan bahwa keseluruhan tahapan pilkada serentak 2017 ditempatkan sebagai satu kesatuan proses kelembagaan kepartaian, dalam menyiapkan pemimpin sebagai salah satu fungsi utama partai.

“DPP PDI Perjuangan memastikan akan mengumumkan pasangan cagub dan cawagub DKI pada Selasa, 20 September 2016, pukul 20.00 WIB,” kata Hasto, dalam keterangan tertulisnya, Senin malam.

Menurut Hasto, pengumuman akan dilalukan di kantor pusat PDI Perjuangan, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 58, Jakarta Pusat. (Baca juga: Soal Cagub DKI, Risma: Semua itu Kehendak Tuhan)

Dia memastikan, seluruh tahapan sudah dilakukan secara sistemik. Tahapan itu dimulai dengan uji kepatutan dan kelayakan, pemetaan politik, pelatihan manajer kampanye, pelatihan training of trainers saksi, dan sekolah para calon kepala daerah.

“Dengan pengumuman secara serentak tersebut, maka seluruh infrastruktur partai menyatukan diri dengan nafas kehidupan rakyat guna menghadirkan wajah kekuasaan politik yang membangun peradaban,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno berpendapat, pasangan petahana Basuki Tjahja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat menjadi pasangan paling potensial yang akan diusung PDI Perjuangan.

“Kalau tahapannya, besok kan deklarasi. Ini kan masih tahap indikatif,” jelas Hendrawan, semalam.

Dalam tahap indikatif ini, sebutnya, peluang petahana itu sangat besar. “Peluang petahana sangat potensial,” kata dia.

Dalam menentukan pasangan calon kepala daerah, paparnya, ada empat tahapan yang dilalui PDI Perjuangan, yaitu eksploratif, indikatif, deklaratif, dan definitif.

Dalam tahap indikatif ini, Ahok-Djarot, menjadi pasangan calon yang paling disorot dan mendapat perhatian di internal partai. “Nah besok tahap deklaratifnya, jadi sabar saja. Kan tinggal satu hari,” ujarnya.

PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai politik yang dapat mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sendiri. DIP memiliki sebanyak 28 kursi di DPRD DKI Jakarta. (goek)