oleh

Seperti Ini, Kader PDIP Kabupaten Blitar Peringati Bulan Bung Karno

BLITAR – Hari Lahir Pancasila serta Hari Lahir Bung Karno dalam rangkaian Bulan Bung Karno di Kabupaten Blitar diperingati kader-kader PDI Perjuangan setempat dengan cara beda ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), peringatan lebih banyak dilakukan dengan menggelar bakti sosial (baksos).

“Peringatan Bulan Bung Karno kami isi kegiatan baksos, dengan memberikan makanan, sembako serta masker untuk tukang becak dan warga di sekitar Pasar Wlingi, Pasar Hewan Wlingi, dan seputaran Stasiun Wlingi,” jelas Wakil Bupati Blitar yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo, Sabtu (6/6/2020).

Bersama Bupati Blitar, Rijanto, pihaknya juga memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi yang diterima langsung oleh Direktur RSUD Wlingi, dr. Woro Utami. Kemudian juga membagikan masker serta makanan di wilayah Pasar Sutojayan dan Srengat.

“Selain membagian sembako, juga ada lomba pidato Bung Karno, lomba menyampaikan Biografi Bung Karno, serta nyekar di Makam Bung Karno sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak Bangsa tercinta,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan pada pelaksanaan baksos, urai Marhaenis, di antaranya 2.000 nasi kotak, 20.000 masker, 3.000 paket sembako, serta 200 paket APD terdiri 200 pasang sepatu boot, 200 baju hazmat, 200 masker, dan 200 handscoen.

Sementara itu, Bupati Blitar Rijanto mengatakan rangkaian acara peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Bung Karno diselenggarakan sejak pagi.

Paginya, dia bersama Forpimda ziarah ke Makam Bung Karno. Selanjutnya, diadakan bakti sosial pembagian nasi bungkus kepada masyarakat.

“Ada juga webinar soal menghadapi new normal dan dilanjutkan acara pentas seni oleh para millenial di Kabupaten Blitar. Malamnya ada kegiatan macapat untuk peringatan Hari Lahir Bung Karno,” kata Rijanto.

Dia menyebut, semua kegiatan peringatan Hari Lahir Bung Karno tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan itu disuarakan langsung melalui media sosial Pemkab Blitar. “Masyarakat bisa mengikuti langsung acara ini lewat media sosial Pemkab Blitar,” ujarnya.

Di sisi lain, Bupati Rijanto juga menyampaikan persiapan new normal atau normal baru di sektor pariwisata. Menurutnya, Pemkab Blitar masih merumuskan persiapan normal baru di sektor pariwisata.

“Intinya, persiapan normal baru di industri pariwisata dan sekor lain tetap mengarah ketiga hal, yaitu, kesehatan, kebersihan termasuk penyediaan makanan sehat dan keamanan. Nanti akan kami buatkan peraturan bupati soal itu,” kata Rijanto. (goek)