oleh

Seniman Reog Minta Gus Ipul-Puti Guntur Lestarikan Kesenian Tradisional  

-Berita Terkini-5 kali dibaca

PONOROGO – Kalangan seniman Reog Ponorogo menitipkan mandat kepada pasangan Cagub-cawagub Jawa Timur Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno, agar kesenian tradisional itu terus dijaga dan dilestarikan.

Keinginan penggiat seni khas Ponorogo itu disampaikan Purnomo, tokoh kesenian reog saat Puti Guntur menghadiri Rekercabsus PDI Perjuangan Kabupaten Ponorogo, di Desa Carangrejo, Sampung, kemarin.

Menurut Purnomo, kesenian reog sudah tersebar di mana-mana. Bahkan hingga luar negeri, sampai-sampai ada negara yang mengaku-aku memiliki kesenian reog, yang sebenarnya berasal dari Ponorogo.

“Mbak Puti, tolong kesenian reog ini dilindungi dan dilestarikan. Jangan sampai punah. Jangan sampai diambil negara lain,” kata Purnomo.

Dia menyebut Puti Guntur sebagai perempuan berani dan tegas. “Mbak Puti juga punya aura yang kuat menjadi seorang pemimpin. Karena berwibawa dan berani seperti Bung Karno, kakeknya,” kata Mbah Purnomo

Selama kunjungannya di Ponorogo dalam rangkaian kampanye tatap muka, setelah sebelumnya sambang pendukung dan relawan di Trenggalek dan Pacitan, Puti tiga kali disambut kesenian reog.

Pertama saat panen durian di Agro Wisata Kampung Durian, Desa Ngrogung, Ngebel. Kedua ketika panen padi bersama petani di Desa Pondok, Babadan.

Dan yang ketiga saat rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus) PDI Perjuangan Ponorogo di Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung.

Sambutan hangat warga Ponorogo itu tak pelak membuat cucu Bung Karno itu merasa terkesan dan tersanjung.

Soal mandat dari kalangan seniman reog, Puti pun spontan menyanggupinya. Menurutnya, menjaga dan melestarikan kesenian khas daerh menjadi tugasnya bersama Gus Ipul.

“Kami akan melindungi, menjaga dan melestarikan kesenian yang lahir dan hidup di Jawa Timur,” kata Puti.

Pasangan calon nomor 2, jelas Puti, telah menyiapkan program bagi para seniman dan budayawan untuk tetap berekspresi sesuai bidang masing-masing. Program tersebut disebut Bersinar (Berkebudayaan, Rukun dan Seniman Makmur).

“Program Bersinar memberi insentif kepada seniman dan budayawan, serta pemetaan karya seni di Jawa Timur untuk bisa dibawa ke tingkat nasional,” ujar Puti.

Program Bersinar, imbuh Puti, merupakan salah satu program pemberdayaan terhadap sumber daya manusia.

Langkah strategis yang akan dilakukan kedepan jika terpilih dalam Pilgub Jatim, yakni dengan melakukan pemetaan terhadap seniman yang ada di provinsi ini.

“Kekayaan intelektual terhadap nilai-nilai budaya bangsa harus dijaga dengan baik,” tuturnya. (goek)