oleh

Sejak Awal, Yenny Wahid Sudah Sampaikan Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin

-Berita Terkini, Pemilu-10 kali dibaca

JAKARTA— Presiden Joko Widodo bersyukur dengan dukungan yang diberikan keluarga Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur kepadanya dan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Jokowi mengaku tidak terkejut dengan deklarasi dukungan itu. Sebab, Yenny Wahid sejak awal sudah memberitahukan soal dukungan tersebut kepada Jokowi.

“Ya alhamdulillah karena Mbak Yenny sejak awal sudah sampaikan ke saya, hanya saja ‘Pak mohon tunggu momentum yang tepat’,” kata Jokowi kepada wartawan usai menghadiri Rapimnas Partai Persatuan Pembangunan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Capres petahana ini pun sudah mengetahui bahwa Yenny Wahid telah mengumumkan dukungannya tersebut kepada publik. Dia menyambut baik deklarasi dukungan tersebut.

“Sudah disampaikan langsung (ke publik) oleh beliau, tentu saja ini menambah semangat,” kata Jokowi.

Sebelumnya, keluarga Gus Dur menyatakan dukungan politiknya kepada pasangan nomor urut 01 Jokowi Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Deklarasi dukungan dibacakan Yenny Wahid, di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Jalan Kalibata Timur I No 12, Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyebut Yenny Wahid dapat membantu Jokowi untuk menggaet suara pada Pilpres 2019.

“Kalau kita berbicara ekonomi rumah tangga, ini sangat penting untuk diberi sentuhan-sentuhan, sehingga Yenny akan ke sana,” kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Selain itu, Yenny dinilai mampu mengambil dukungan untuk Jokowi dari kalangan perempuan. Meski belum masuk timses, Yenny nantinya, disebut Hasto, akan berkomunikasi langsung dengan Ketua Timses Erick Thohir.

“Arahan yang diberikan (Jokowi) Yenny akan berkoordinasi dengan Pak Erick Thohir,” kata Hasto.

Sementara itu, Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding menyebut Yenny berpeluang menempati posisi wakil ketua timses. Daftar nama timses yang sudah diserahkan ke KPU, disebut Karding, masih bisa direvisi untuk penambahan.

“Saya kira tergantung pembicaraan dengan Pak Erick dan Mbak Yenny dan kalau saya sih welcome di mana pun Mbak Yenny. Kalau di TKN minimal Wakil Ketua. Kalau di luar TKN, silakan dibicarakan peran-perannya,” ujar Karding. (goek)