oleh

Saat Puti ‘Jatuh Hati’ di Kampung Warna-Warni

-Berita Terkini-20 kali dibaca

MALANG – Cawagub Puti Guntur Soekarno kembali mengunjungi kampung eksotik di Kota Malang. Kawasan pemukiman padat yang membuat Puti ‘jatuh hati’ kali ini adalah Kampung 3D (Tridi) dan Kampung Warna-Warni di kawasan Jodipan.

Sehari sebelumnya, cawagub pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini telah mengunjungi Kampung Glintung Go Green (3G) di RW 23 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing.

Untuk menuju Kampung Warna-Warni, Puti melalui akses masuk lewat Kampung Tridi (3D) atau tiga dimensi yang masuk wilayah Tumenggungan Ledok, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing.

Cucu pertama proklamator Bung Karno ini pun terkagum melihat ratusan rumah yang berada di sisi utara bantaran Sungai Brantas itu dicat gambar tiga dimensi berwarna cerah. Mulai atap rumah, fasad, sisi samping, dan hingga ruang tamunya.

Kondisi kampung juga bersih dan rapi. “Ini semua karya pemuda-pemuda tangguh di kampung kami,” kata Valentinus, Ketua RW setempat.

Menurut Puti, pemukiman penduduk yang masuk kawasan bantaran sungai biasanya kumuh. Namun di sini, dia menyaksikan sendiri kondisi lorong-lorong kampung yang telah diubah menjadi pemukiman yang amat menawan.

“Ini semua karena partisipasi warganya jalan,” ujar Puti.

Dari Kampung Tridi, Puti harus melalui sebuah jembatan untuk menuju Kampung Warna-Warni.

Lagi-lagi Puti berdecak kagum, karena dari jembatan yang tengah-tengahnya dari bahan kaca tebal itu, dia bisa menyaksikan pemukiman padat penduduk yang full warna menawan.

Jembatan yang disebut-sebut mirip dengan jembatan kaca di Zhangjiajie, Tiongkok ini pun membuat Puti terkagum.

Sejak resmi dibuka untuk umum pada tahun lalu, jembatan di atas Sungai Brantas ini pun menjadi spot foto baru bagi para wisatawan.

Puti melihat dari atas hamparan pemukiman di bantaran sungai yang tampak elok dengan balutan cat warna-warni. Dia lalu berfoto dan merekam video di atas jembatan, kemudian mengunggah di akun instagramnya.

“Bagus, bagus sekali. Elok banget,” ucap Puti.

Karena keeksotikannya, dua kampung di bantaran sungai besar di Pulau Jawa ini masuk pantauan radar program “Seribu Dewi” atau Seribu Desa Wisata pasangan Gus Ipul-Mbak Puti.

“Kampung-kampung yang ditata apik, asri dan nyaman seperti Kampung Tridi dan Warna-Warni ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di perkotaan,” ujarnya. (goek)