Reses di Kampung Segunung, SW Nugroho: Di Sinilah Tempat Belajar Adat Budaya Sesungguhnya

 131 pembaca

JOMBANG – Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur SW Nugroho sangat mengapresiasi warga Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang yang teguh merawat dan menjaga tradisi budaya setempat.

Tak hanya apresiasi, Nugroho mendukung Kampung Adat Segunung yang ada desa tersebut agar ke depan lebih baik dalam upaya menjaga kearifan lokal.

“Kami dari PDI Perjuangan siap berkolaborasi dan sinergi mewujudkan Kampung Adat Segunung yang semakin maju, sebagai upaya merawat tradisi, nguri-uri budaya, memelihara legacy leluhur,” ucap Nugroho, saat menggelar reses di Pendopo Ageng Kampung Adat Segunung, Carangwulung, Rabu (3/11/2021).

Di depan warga adat Segunung yang mengenakan pakaian khas setempat lengkap dengan blangkonnya, Nugroho menegaskan komitmennya untuk berkontribusi pada pelestarian adat budaya, menjadikan budaya sebagai dasar utama dalam melakukan pembangunan.

Menurutnya, merawat kebudayaan adalah tugas ideologis sebagai kader Banteng, sesuai arahan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Komitmen saya pada persoalan adat, persoalan budaya sangat kuat. Ini sesuai Trisakti Bung Karno, yakni berkepribadian dalam kebudayaan. Jadi ini merupakan tugas ideologis bagi saya,” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Jatim ini menambahkan, keberadaan Kampung Adat Segunung tak sekadar upaya pelestarian adat lokal. Tapi, teramat penting bagi anak-anak sekarang, khususnya kalangan pelajar.

“Jadi bagi para siswa, dalam mempelajari satu bidang ilmu, misalnya soal seni budaya, itu bukan hanya lewat buku atau textbook, atau sekadar di dalam ruang kelas. Di Kampung Adat Segunung ini, para pelajar bisa belajar langsung di alam kehidupan adat sesungguhnya,” tuturnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan serap aspirasi tersebut, legislator yang juga sebagai Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini menyatakan kesiapannya bersinergi dan kolaborasi bersama warga, Pemdes, maupun Pemkab Jombang untuk mewujudkan Kampung Adat Segunung yang hebat dan luar biasa.

Sementara itu, Kepala Desa Carangwulung, Arif menyampaikan terima kasih kepada SW Nugroho. “Saya bersyukur dan terima kasih atas hadirnya bapak di sini, sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat Carangwulung, bisa dikawal Bapak SW Nugroho untuk direalisasikan,” ucap Arif.

Dia mengungkapkan, bahwa selama 2 tahun memimpin Kampung Adat Segunung, baru SW Nugroho sebagai wakil rakyat yang turun menemui dan mendengar kebutuhan warga adat Segunung.

Sedang Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang, Bahana Bela Binanda yang hadir di acara itu, menjelaskan bahwa kehadiran wakil rakyat dari PDI Perjuangan, merupakan keseriusan partai pemerintah ini untuk selalu turun ke masyarakat.

“Kami di PDI Perjuangan, diwajibkan Ibu Ketua Umum untuk senantiasa menjalankan tugas dan fungsi kepartaian kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kehadiran Bapak SW Nugroho merupakan salah satu bukti nyatanya,” jelas Bela.

Melihat antusiasme warga adat Segunung dalam menyampaikan aspirasinya, mantan Ketua DPRD Kabupaten Jombang ini menyatakan rasa syukur atas tingginya semangat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi warga. (yols/pr)