oleh

Relawan Gatot Nurmantyo hingga Emak-emak Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA – Arus dukungan kepada pasangan Capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 terus mengalir. Dukungan terbaru datang dari Presidium Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) dan Suara Perempuan Untuk Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Super Jokowi).

Ketua Presidium GNR Dondi Rivaldi mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo tidak maju sebagai calon di pilpres 2019.

“Kami nyatakan, mendukung, memperjuangkan, dan memenangkan Bapak Jokowi dan Bapak KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wapres RI periode 2019-2024, dengan cara adil, beradab dan bermartabat,” ujar Dondi Rivaldi dalam deklarasi di Jakarta, Kamis (23/8/2018).

GNR akan berganti nama jika dukungan Gatot Nurmantyo nantinya berbeda dengan keputusan relawan. “Jadi, kalaupun seandainya beliau (Gatot) nyatakan pernyataan yang mungkin berbeda, ya sah-sah saja,” tutur Sekjen GNR Uchok Khoir.

“Makanya kami siapkan pengganti kepanjangan GNR, menjadi Garda Nasional untuk Rakyat, seandainya memang beliau memiliki sikap politik yang berbeda,” lanjut dia.

Peralihan dukungan tersebut diputuskan setelah melihat mantan Panglima TNI tersebut tidak maju sebagai calon di pilpres mendatang. Namun, mereka tidak ingin berandai-andai terkait dukungan Gatot dan masa depan presidium tersebut.

Para relawan menyatakan ingin berdiskusi terlebih dahulu dengan Gatot. “Setelah ini kita akan menghadap beliau secepat mungkin untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi relawan GNR,” tambah Dondi Rivaldi.

“Mungkin kita juga akan berdiskusi dengan Pak Gatot bahwa figur Pak Jokowi ini juga layak untuk didukung,” tambahnya.

Pertimbangan mereka untuk memberikan dukungan ke pasangan tersebut adalah kinerja Presiden Jokowi selama menjabat sebagai kepala negara. “Latar belakang Pak Jokowi sudah buktikan kerja-kerja nyata dalam kurun waktu empat tahun terakhir,” jelas Dondi.

Pembangunan infrastruktur juga sudah menyentuh sampai daerah-daerah dan sudah dirasakan oleh masyarakat, dan pembangunan ekonomi juga sudah mulai terlihat,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Super Jokowi, Ida Fauziyah, mengatakan kelompok relawan ini terdiri dari perempuan beragam usia. Mulai perempuan milenial, mama muda, hingga emak-emak.

“Super Jokowi tidak hanya terdiri dari emak-emak saja, Super Jokowi beranggotakan mama-mama muda, termasuk perempuan milenial,” ujar Ida, di Hall Nyai Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin.

Pihaknya berharap Jokowi dapat kembali terpilih dan melanjutkan kepemimpinannya. Alasannya, Super Jokowi melihat program-program mantan Gubernur DKI Jakarta selama menjabat, dinilai dapat membuat Indonesia semakin maju.

Selama Jokowi menjabat, sebutnya, masalah infrastruktur hingga kesehatan di Indonesia dinilai semakin baik. Terutama dengan semakin banyaknya pelayanan kesehatan seperti posyandu untuk balita hingga lansia, yang dapat menurunkan angka kematian terhadap ibu dan bayi.

“Super Jokowi hadir karena kami percaya Pak Jokowi mampu membangun negara yang berkualitas,” kata dia.

“Kami berterimakasih sahabat perempuan Indonesia yang tanpa ada paksaan dengan penuh kerelaan meyakini Jokowi-KH Ma’ruf Amin mampu mengantarkan masa depan lebih baik, masa depan perempuan Indonesia dan masa depan anak-anak Indonesia,” tuturnya. (goek)