oleh

Rakernas Repdem Bahas Konsolidasi dan Masa Jabatan Ketum

-Berita Terkini, Kronik-33 kali dibaca

JAKARTA  – Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Masinton Pasaribu mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Repdem harus fokus memikirkan konsolidasi organisasi.

Masinton minta rakernas organisasi sayap PDI Perjuangan tersebut yang berlangsung dua hari sejak Jumat (3/3/2017) di Grand Alia Hotel, Jakarta Pusat, tidak memikirkan siapa kandidat yang akan maju pada Kongres Repdem bulan depan.

Hal itu disampaikan Masinton, karena rakernas sudah dekat dengan Kongres Repdem, yang menurut dia, biasanya frame politiknya lebih kuat.

“Karena itu, saya minta agar tidak usah dipikirkan siapa bakal calon Ketua Repdem. Lebih baik rakernas ini fokus konsolidasi organisasi. Sebab jika organisasi bagus, pergerakan juga akan bagus,” kata Masinton, saat membuka rakernas, kemarin.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini menjelaskan, salah satu yang harus dikaji dalam forum ini terkait mengenai perubahan dan penyelarasan aturan organisasi dengan AD/ART dan aturan Partai.

Misalnya basis organisasi apakah masih mengacu pada teritorial yang berbasis sampai tingkat kecamatan (Pengurus Anak Cabang) seperti saat ini, atau menjadi organisasi yang berbasis pada sektoral.

Juga soal prinsip musyawarah mufakat yang harus ditegakkan seperti dalam aturan di PDI Perjuangan.

Juga mengenai masa kepemimpinan ketua umum (ketum) yang saat ini 5 tahun diubah menjadi 3 tahun agar proses regenerasi berjalan baik.

“Silakan semua itu yang dibahas menjelang Kongres Repdem yang akan digelar pertengahan April mendatang,” tambah Masinton yang kini menjabat sebagai anggota Komisi III DPR RI ini.

Sebagai organisasi resmi sayap partai, pada Rakernas ini, para peserta akan mendapatkan materi atau arahan dari Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Rakernas Repdem digelar dua hari, 3-4 Maret 2017. Rakernas ini diikuti 20 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Repdem, Dewan Pengurus Nasional dan Peninjau.

Sementara, Ketua Bidang Organisasi DPN Repdem sekaligus Ketua Panitia Rakernas, Wanto Sugito menyatakan gembira, karena seluruh pengurus DPD Repdem bisa hadir pada rakernas kali ini.

“Forum ini juga bertujuan mensosialiasikan agenda DPN Repdem terkait rencana pelaksanaan Kongres III pada 14-15 April mendatang,” ujar Wanto. (goek)