Rakernas Ditutup, Ini Garis Besar Rekomendasi

Loading

JAKARTA – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDI Perjuangan di JIExpo Jakarta, remsi ditutup, Minggu (12/1/2020) malam. Hal itu ditegaskan Sekjen Hasto Kristiyanto kepada para wartawan di lokasi.

“Rakernas sudah ditutup, semua dalam semangat yang kompak, solid bergerak,” kata Hasto.

Penutupan rakernas, lanjut Hasto, diakhiri dengan pidato Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, bagaimana kader partai harus berdisiplin, partai menampilkan wajah ideal di tengah rakyat dan tidak pernah lelah membela rakyat.

“Ada 9 poin rekomendasi rakernas I. Mencakup bagaimana komitmen PDI Perjuangan dalam membumikan Pancasila, menjaga NKRI, menjaga komitmen kebhinekaan dan bergotong royong bersama,” kata Hasto.

Rekomendasi juga terkait dukungan PDI Perjuangan terhadap kebijakan presiden dalam menjaga kedaulatan wilayah dan ekonomi. Dukungan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Search and Rescue Nasional (BASARNAS). Juga soal pencegahan HIV/AIDS.

Soal pilkada, kata Hasto, PDI Perjuangan menarget kemenangan 60 persen. “Seluruh calon yang mendapat rekomendasi wajib sekolah partai, menjalankan visi misi yang dirumuskan partai guna menempuh jalan berdikari,” terang Hasto.

Tiga pilar partai, struktur partai, eksekutif, dan legislatif, juga diberikan tanggung jawab untuk mematenkan kekayaan bangsa. Dari hal-hal sederhana semisal kopi, teh, dan sebagainya.

“Komitmen-komitmen itu  yang didukung Partai. Kami ingin membawa wajah politik yang menyentuh kehidupan rakyat juga visioner dalam memajukan negara kita,” kata Hasto. (her)