oleh

Puti Sebut Bos Mayapada Layak Dapat Gelar Doktor HC dari Unair

-Berita Terkini, Kronik-24 kali dibaca

SURABAYA – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengatakan, pemilik Mayapada Dato Sri Tahir merupakan seorang tokoh yang menginspirasi, khususnya di bidang ekonomi.

Ungkapan ini dia sampaikan, usai menghadiri pemberian gelar Doktor Honoris Causa untuk Dato Sri Tahir di Aula Garuda Mukti, Kampus C Unair, Jalan Mulyorejo Surabaya, Kamis (8/3/2018).

“Beliau layak mendapatkan gelar doktor honoris causa yang diberikan Universitas Airlangga, dan selamat atas penganugerahannya,” ujar Puti.

Menurut dia, Dato Sri Tahir yang merupakan pengusaha kelahiran Surabaya tersebut memiliki andil besar untuk kemajuan ekonomi negara, termasuk sepak terjangnya di dunia perekonomian di Tanah Air selama ini.

“Pak Tahir mengabdikan dirinya dan menyumbangkan sebagian kekayaannya juga dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan dan yang lain. Ini sangat membantu rakyat, terutama yang tidak mampu. Bukan hanya di dalam, tapi juga luar negeri,” katanya.

Cawagub pasangan Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini berharap para pengusaha papan atas memperkuat dan memperluas jalur kemitraan di Jawa Timur dengan pelaku ekonomi mikro, kecil dan menengah, serta masyatakat berbasis desa.

Sehingga ke depan masyarakat Jawa Timur semakin memiliki daya saing global, dan pertumbuhan ekonomi semakin menunjukkan wajah keadilan.

“Ke depan, Gus Ipul dan saya akan mendorong terus kekuatan industri agar semakin membuka lapangan kerja dan terkoneksi dengan ekonomi kreatif anak-anak muda,” tambah Puti.

Dia melihat Jawa Timur telah banyak melahirkan pengusaha sukses. Potensi mereka harus diolah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada lapisan UMKM.

“Para pengusaha sukses itu harus terkoneksi dengan kluster-kluster industri dan kemudian UMKM inti plasma. Jadi, industri juga harus bisa membuka ruang dan wadah untuk UMKM-UMKM yang menunjang industri itu sendiri,” terang Puti.

Puti menambahkan, dia telah mengenal Dato Sri Tahir yang banyak membantu di bidang pendidikan dan kesehatan. “Kami sudah mengenal lama. Karena menaruh perhatian pada pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dato Sri Tahir telah mendapatkan tiga gelar doktor kehormatan dari National Taiwan University, Universitas Gadjah Mada, serta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. (goek)