Plt Bupati Probolinggo Tinjau Vaksinasi Perdana untuk Usia 6-11 Tahun

 58 pembaca

KABUPATEN PROBOLINGGO – Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko meninjau langsung vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Negeri Dungun 1, Kecamatan Tongas, Kamis (13/1/2022).

Memantau vaksinasi perdana kelompok usia tersebut, kader PDI Perjuangan itu bersama sejumlah pejabat Forkopimda. Seperti kepolisian, TNI, dan jajaran lingkungan Pemkab Probolinggo.

Menurut Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko, vaksinasi merupakan upaya yang dilakukan pemerintah sudah maksimal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan spirit gotong royong vaksinasi dapat dioptimalkan.

“Kerja sama berbagai pihak, TNI, Polri bersama pemerintah daerah memberikan kekuatan. Nilai-nilai luhur yang diwariskan para pendahulu kita, menjadi kekuatan tersendiri sehingga kita bisa mewujudkan Probolinggo yang sejahtera,” jelas mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo.

Pihaknya berharap, agar vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun berjalan dengan baik dan jangan sampai terlewatkan. Kecuali yang memiliki kontra indikasi penyakit yang telah dinyatakan oleh dokter ahli. Kepada para orang tua atau para wali murid untuk mengawal putra dan atau putrinya agar dapat mengikuti vaksinasi.

Untuk diketahui, vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini menggunakan vaksin Sinovac yang tersedia sebanyak 35.536 dosis dan dalam waktu dekat akan mendapatkan tambahan dengan jumlah kurang lebih 71.000 dosis Sinovac.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pencanangan vaksinasi dosis ketiga (booster). Vaksinasi ini berbeda dibandingkan dengan vaksin dosis pertama dan dosis kedua.

Vaksin booster ini adalah jenis kombinasi yang menunjukkan peningkatan antibodi yang relatif sama dengan vaksin booster homolog atau vaksin booster dengan jenis yang sama.

Untuk vaksin booster yang diutamakan adalah para lansia atau kelompok-kelompok rentan dengan jenis vaksin adalah Pfizer, AstraZeneca maupun Moderna dengan dosis tunggal yaitu ukuran setengah dosis dari biasanya. (drw/hs)