oleh

Pilkada DKI, PDIP Tak Takut Incumbent

pdip-jatim-bambang-DH-Plt-DKIJAKARTA – PDI Perjuangan menegaskan tidak pernah takut dengan elektabilitas tinggi Basuki Tjahya Purnama yang bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta melalui jalur independen. Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini optimistis memenangi Pilkada 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta Bambang Dwi Hartono mengatakan, kemenangan Pilkada DKI, bisa diraih dengan semangat gotong royong seluruh kader.

Dia mencontohkan pada Pilkada DKI 2012, popularitas dan elektabilitas Jokowi saat maju sebagai calon gubernur di DKI, jauh di bawah incumbent. “Tapi kita menang karena mesin partai bekerja solid, masif. Kawan-kawan di DKI bekerja dengan luar biasa‎,” kata Bambang DH, di acara pembekalan kader di kantor DPC PDIP Jakarta Utara, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (10/4/2016).

Menurut Bambang DH, untuk memenangkan Pilkada DKI 2017, harus dihadirkan sosok pemimpin bersih dan sopan. Sosok itu  sangat diinginkan 7 juta lebih warga Jakarta. Pihaknya yakin PDIP dapat ‎menghadirkan pemimpin seperti itu.

Sejak dipercaya menjabat Plt Ketua DPD DKI, dia menyiapkan mesin partai. “Pengalaman kami, memang figur menentukan, tapi sumbangan atau kontribusi mesin partai juga sangat besar menentukan kemenangan‎,” kata ‎Wali Kota Surabaya periode 2002-2010 itu.

Dia minta masyarakat Jakarta untuk lebih bersabar menunggu hasil keputusan penjaringan calon gubernur ibukota di PDI Perjuangan. Politisi kelahiran Pacitan ini mengajak publik menunggu proses penjaringan dan penyaringan sampai benar-benar selesai.

“Yang pasti, PDI Perjuangan berkomitmen memberikan yang terbaik bagi seluruh rakyat DKI,” kata Bambang.

Sampai Jumat (15/4/2016) lalu, sudah 21 orang mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur melalui PDIP.

Untuk diketahui, PDIP adalah satu-satunya partai politik di Jakarta dengan jumlah kursi DPRD di atas 22. Karena itu, PDI Perjuangan bisa mengusung calon di pilkada tanpa perlu berkoalisi.

Mereka yang mendaftar penjaringan melalui PDIP berasal dari beragam latar belakang. Mulai dari kader PDI Perjuangan, politisi partai lain, pengusaha, wartawan, dosen, birokrat, sampai anggota Polri. (goek)

Daftar 21 nama yang sudah mendaftar melalui PDIP adalah sebagai berikut:

Mendaftar sebagai calon gubernur:

  1. Yusril Izha Mahendra (Ketum PBB)
  2. Hasnaeni (wanita emas)
  3. Riza Vilano Satria Putra
  4. Teguh Santosa
  5. Hasniati, SH, MH
  6. Idris Khalid Amir
  7. Margono
  8. Sugiman
  9. Mahfud Djaelani
  10. S. Azhari
  11. Edysa Girsang
  12. HM. Tahir Mahmud

Mendaftar sebagai calon wagub:

  1. Abdul Rani Rasyid
  2. Harun Al Rasyid
  3. Riyadi
  4. DR. H. Firdaus Djaelani, MA
  5. Irjen Benny Mokalu (Staf Ahli Kapolri)
  6. Marco Kusumawijaya.
  7. Suprapto

Mendaftar sebagai Gubernur/Wagub :

  1. H. Lulung (Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana)
  2. Sandiaga Uno