oleh

Perangkat Desa se-Jatim Doakan Gus Ipul-Mas Anas Menang

SURABAYA – Ratusan kepala desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Jatim mendoakan agar pasangan yang diusung PDIP dan PKB, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas bisa memenangkan pilgub Jatim 2018.

Doa ini mereka sampaikan di sela-sela pengukuhan pengurus PPDI Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa (26/12/2017).

“Ini doa dari para kepala desa, saya sebagai ketua hanya bisa mengamini kemana arah dukungan para kepala desa ini,” tutur Ketua PPDI Jatim Hartono.

Di mata PPDI, Gus Ipul punya kepedulian besar pada perangkat desa. Gus Ipul sering berdiskusi dengan kepala desa setiap kali dalam kunjungannya ke daerah. “Kita sama-sama saudara harus mendoakan yang baik-baik. Jatim harus makmur, Insya Allah Gus Ipul akan jadi gubernur,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Gus Ipul menyambut baik harapan dan doa dari para kepala desa ini. Karenannya, dia berjanji akan bersama para kepala desa dalam membangun Jatim.

Selama ini, ada beberapa kendala yang dihadapi para kepala desa dan harus segera dicarikan solusi khususnya mengenai status kepala desa.

“Ini salah satu pekerjaan rumah kita. Kalau sudah jelas statusnya, maka yang lain mengikuti. Saya juga baru tahu kalau status kepala desa ini di KTP juga tidak jelas, masak ditulis statusnya lain-lain,” katanya.

Gus Ipul mengatakan, setelah terbitnya Undang-undang nomor 6 tahun 2014, status pemerintahan desa sebenarnya sudah mulai baik jika dibandingkan sebelumnya.

Posisi desa diperkuat, tidak hanya soal jabatan, tapi juga anggarannya. “Saya melihat UU itu semangatnya membangun atau memenangkan Indonesia dari desa. Menyejahterakan dan memakmurkan Indonesia dari desa. Sebab, selama ini desa dianggap bagian dari belakang, bukan dari depan,” tegasnya.

Sementara itu, di Jatim PPDI telah dibentuk di 20 dari 38 kabupaten/kota. Sebanyak 18 kabupaten/kota yang belum terbentuk PPDI, antara lain Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu dan empat kabupaten di Madura. (beritajatim)