oleh

Pemkab Tulungagung Siap Perbaiki Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi

TULUNGAGUNG – Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, mengunjungi korban terdampak gempa di Kecamatan Kalidawir, Minggu (11/4/2021). Akibat gempa berkekuatan 6.1 skala richter yang terjadi sehari sebelumnya tersebut puluhan rumah rusak di Kabupaten Tulungagung, begitu juga dengan sejumlah tempat ibadah dan fasilitas umum.

Kader PDI Perjuangan ini pun dalam kunjungan itu memberi bantuan sembako secara simbolis pada korban terdampak gempa di Desa Tunggangri, Kecamatan Kalidawir. “Pemberian sembako ini untuk membantu para korban terdampak bencana gempa yang terjadi kemarin,” ujarnya.

Bupati Maryoto menyatakan juga akan melakukan perbaikan sarana dan prasarana. yang rusak akibat gempa. Termasuk seluruh rumah warga yang mengalami kerusakan baik yang terkategori ringan sampai berat.

“Karena itu, sekarang kami datang bersama Kapolres untuk melihat langsung dan apa yang akan dikerjakan lebih lanjut. Sementara Dandim tadi juga melihat lokasi bencana gempa di lain tempat,” terang Maryoto.

Dia menyebut saat ini yang dibutuhkan warga yang rumahnya rusak akibat gempa adalah bantuan berupa bahan bangunan, seperti asbes, genting, semen dan lainnya.

“Nanti selanjutnya bantuan lainnya akan dibicarakan dengan para kepala desa,” imbuhnya.

Soal berapa total kerugian akibat gempa, Maryoto Birowo belum bisa memperkirakan. Menurutnya, jumlah kerugian masih diinventarisir.

“Masih dihitung. Tapi dari data yang masuk rumah yang mengalami kerusakan mencapai 54, kemudian ada pula dua masjid dan dua musola yang rusak, serta satu Pasar Ngemplak,” papar Maryoto.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Susilowati, bersama sebagian pengurus DPC PDI Perjuangan Tulungagung di saat yang sama mengunjungi rumah kader banteng yang juga rusak akibat gempa.

Rumah Ketua Ranting Beji Kecamatan Boyolangu, Santo Wandi, mengalami kerusakan di bagian dapur. “Kami memberi bantuan berupa uang. Diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan bebannya,” ujarnya.

Rencananya, menurut Susilowati, selain memberi bantuan pada kader yang rumahnya rusak akibat gempa, DPC PDI Perjuangan Tulungagung akan menerjunkan pula Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) setempat untuk membantu perbaikan rumah dan fasilitas umum warga Tulungagung yang terdampak gempa. (atu/pr)