oleh

Pemimpin Dunia Selamati Jokowi, Apa Artinya?

Jokowi-JK di kapal phinisiJAKARTA — Ucapan selamat dari berbagai pemimpin dunia kepada presiden terpilih Joko “Jokowi” Widodo dinilai merupakan pengakuan internasional terhadap proses demokrasi di Indonesia.

“Kalau dunia internasional tidak mengakui, mereka tidak akan memberi selamat,” kata pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada, Ari Dwipayana, saat dihubungi di Jakarta, Rabu malam.

Menurut dia, pemberian ucapan selamat kepada kepala negara yang baru terpilih merupakan hal yang wajar sebagai wujud kerja sama hubungan antarnegara.

Setelah resmi dilantik sebagai presiden pada Oktober 2014, Ari berharap Jokowi menghadiri banyak forum internasional sebagai upaya membangun hubungan strategis dengan negara lain.

Dia juga berharap Jokowi mampu merealisasikan hubungan internasional yang berbasis kepentingan nasional sesuai visi-misi yang telah disampaikan dalam kampanyenya.

Beberapa pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo menyusul pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), di antaranya Presiden Amerika Serikat Barack Obama, PM Australia Tony Abbott, PM Singapura Lee Hsien, dan PM Malaysia Najib Razak.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, memenangi Pilpres 2014 dengan perolehan suara 70.990.832 suara atau 53,15 persen dari total 133.567.276 suara sah nasional.

Sementara itu, pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, memperoleh 62.576.444 suara atau 46,85 persen.

Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilantik secara resmi pada 20 Oktober mendatang, sebelum menjabat sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019. (kompas)

rekening gotong royong