oleh

PDI Perjuangan Nilai Positif Langkah Ahok Pilih Jalur Parpol

pdip-jatim-hasto-kJAKARTA – PDI Perjuangan menilai positif langkah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang akhirnya memilih jalur parpol dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Kita hormati keputusan Pak Ahok ketika memilih jalur perseorangan, dan sekarang ketika memilih jalur parpol, ya kami hormati pilihan tersebut,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, kemarin.

Meski demikian, soal dukungan, lanjut Hasto, PDI Perjuangan belum menentukan sikap apakah membuka peluang mengusung Ahok. Menurutnya, semua masih dalam proses mencermati dinamika politik yang tengah berkembang saat ini.

Langkah yang diambil Ahok ini, sebutnya, sebagai suatu hal positif untuk mengikuti jalan kepartaian yang selama ini dilakukan PDI Perjuangan.

“Namun rekomendasi memerlukan tahapan lebih lanjut dan di partai kami sudah berproses ada 6 calon, pemetaan politik. Namun yang jelas sesuatu hal yang tidak mungkin di antara cagub dan cawagub bukan berasal dari PDIP,” tegasnya.

Senada, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Gembong Warsono menghargai keputusan Ahok yang akan maju dalam Pilgub DKI 2017 melalui jalur partai politik.

Meski demikian, kata Gembong, keputusan Ahok tersebut tidak membuat PDI Perjuangan gentar. Dia menegaskan, partai pemenang pemilu, PDI Perjuangan siap bertarung.

Kondisi politik yang seperti ini, sebutnya, sudah biasa dihadapi PDI Perjuangan. Dan nyatanya di lapangan, PDIP selalu dapat bertahan, bahkan mengalami kemenangan dalam Pilkada DKI Jakarta pada tahun 2012, dan pemilu legislatif, pemilu presiden pada 2014.

Gembong menekankan, meski pada prinsipnya PDI Perjuangan menghargai keputusan Ahok, namun tidak membuat partainya menyerah begitu saja. Tetapi pihaknya saat ini sudah menentukan langkah kedepan untuk memenangkan Pilgub DKI 2017.

Soal kapan PDI Perjuangan akan mengumumkan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusungnya, Gembong mengungkapkan PDI Perjuangan tidak mau terburu-buru.

“PDI Perjuangan itu mengumumkannya bisa last minute. Kan PDI Perjuangan tanpa berkoalisi pun bisa mengusung sendiri. Tetapi bisa juga berkoalisi dengan partai lain,” ujarnya. (goek)

rekening gotong royong