oleh

Nasionalis-Marhaenis se-Malang Raya Deklarasi Dukung Gus Ipul-Mbak Puti

-Berita Terkini-18 kali dibaca

MALANG – Kalangan nasionalis di Malang Raya mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno.

Deklarasi dukungan dan siap memenangkan pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PKS, dan Gerindra ini dibacakan sesepuh nasionalis-marhaenis setempat, di acara Silaturahmi Relawan Nasionalis Malang dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno, di Rumah Makan Ringin Asri, Kamis (22/2/2018).

Deklarasi dihadiri Puti Guntur Soekarno, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno.

Salah seorang sesepuh nasionalis, Dimmy Haryanto mengatakan, pasangan nomor 2 di kontestasi Pilgub Jatim 2018 itu pantas memimpin Jawa Timur.

Menurutnya, Gus Ipul punya banyak pengalaman pemerintahan, seperti pernah menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan, pernah menjadi menteri.

“Gus Ipul selama dua periode menjadi wakil gubernur, mendampingi Gubernur Pakde Karwo,” kata Dimmy.

Mbak Puti, tambahnya, memiliki magnet elektoral sebagai cucu Bung Karno sekaligus penerus ajaran Marhaenisme dari kakeknya tersebut.

“Mbak Puti adalah putri Mas Guntur Soekarnoputra. Cucu Proklamator, yang kami cintai, Bung Karno. Untuk itu kami harus memenangkan pasangan calon ini,” tandas Dimmy.

Puti mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dari para relawan nasionalis yang juga menyebut dirinya “Nasionalis Wong Lawas Jaman Now” tersebut.

Dia mengatakan, dukungan itu menunjukkan keberadaan kaum nasionalis dan marhaenis di Jawa Timur, yang mencintai Bung Karno.

Dosen tamu Universitas Kokhusikan Jepang itu menilai, kawasan Malang Raya mempunyai potensi suara besar bagi kaum nasionalis. “Pemilu 2014 lalu, PDI Perjuangan menang di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu,” kata Puti.

Sementara itu, Ahmad Basarah dalam sambutannya menegaskan, seluruh kerja keras untuk memenangkan Puti Guntur Soekarno dilakukan kaum nasionalis sebagai salah satu cara menghormati seluruh jasa perjuangan Bung Karno.

“Kita semua bisa bebas merdeka karena jasa perjuangan Bung Karno. Maka, sekarang saatnya kita merapatkan barisan, maju, bergerak untuk memenangkan Mbak Puti,” kata anggota DPR RI dari Dapil Malang Raya itu.

Sedang DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno minta semua relawan mengembangkan gerakannya untuk memperbanyak dukungan suara bagi pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. “Kita ingin ‘menang tebal’ di Jawa Timur,” ujarnya. (goek)