oleh

Megawati: Biarkan Rakyat Memilih dengan Baik…

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada seluruh partai politik peserta pemilu dan juga penyelenggara pemilu untuk menjamin hak politik rakyat.

Dalam sambutannya, Megawati menyampaikan perjalanan pemilu dari masa ke masa. Mulai dari pemilu 1955 hingga memasuki era reformasi, dan yang akan datang yakni Pemilu 2019.

“Mengapa saya remind pemilu di republik tercinta ini? Saya ingin mengingatkan, Pemilu itu yang punya hak adalah rakyat Indonesia. Biarkan mereka memilih dengan baik,” kata Megawati di kantor Komisi Pemilihan Umum RI ( KPU), Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Kemudian Megawati juga berharap kepada penyelenggara pemilu khususnya KPU agar menjalankan kewajibannya dengan netral, mandiri, dan dapat menggelar proses demokrasi dengan sebaik-baiknya.

“Sekali lagi, biarkan rakyat memilih dengan baik,” kata Megawati.

Menurutnya, saat ini sudah banyak persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Megawati berharap agar peserta pemilu tidak melakukan hal-hal yang bersifat SARA, yang dapat menambah persoalan.

“Karena ini demi kebaikan dan kesejahteraan rakyat secara menyeluruh. Supaya republik Indonesia ini tetap berdiri dengan tegak,” pungkasnya.

Dalam pengambilan dan penetapan nomor urut partai politik peserta pemilu 2019, partai berlambang banteng tersebut mendapat nomor urut 3. Berikut adalah hasil pengundian nomor urut parpol, malam ini:

Nomor urut 1: Partai Kebangkitan Bangsa

Nomor urut 2: Partai Gerindra

Nomor urut 3: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Nomor urut 4: Partai Golkar

Nomor urut 5: Partai Nasdem

Nomor urut 6: Partai Garuda

Nomor urut 7: Partai Berkarya

Nomor urut 8: Partai Keadilan Sejahtera

Nomor urut 9: Partai Perindo

Nomor urut 10: Partai Persatuan Pembangunan

Nomor urut 11: Partai Solidaritas Indonesia

Nomor urut 12: Partai Amanat Nasional

Nomor urut 13: Partai Hanura

Nomor urut 14: Partai Demokrat

Sumber: Kompas