Megawati Ajak Masyarakat Sabar Menunggu 22 Mei

 25 pembaca

JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat agar sabar menunggu hasil Pemilu 2019.

Megawati mengatakan, semua tahapan Pemilu 2019 sudah diatur. Dia mengingatkan agar masyarakat juga memahami hal ini.

“Saya lalu mengatakan, semua pihak sebenarnya harus menunggu hasil pemilu yang nanti tanggal 22 diumumkan. Semua sudah ada tata caranya,” ujar Megawati, Kamis (9/5/2019).

Hal ini disampaikan Megawati usai bertemu calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin di rumahnya, Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Presiden keempat RI Megawati ini mengatakan, masyarakat Indonesia sebenarnya sudah memahami tahapan dalam pesta demokrasi. Pemilu 2019, sebutnya, bukan pertama kalinya Indonesia menggelar pemilihan umum.

“Saya ingin mengulangi, pemilu ini bukan barang baru, kita sudah melakukannya dari tahun 1955,” ujarnya.

Menurut Megawati, sejak pertama kali pemilu digelar di Indonesia, masyarakat selalu menikmati pesta demokrasi. Demikian pula pada Pemilu 2019.

Megawati berharap, pendukung pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin maupun pendukung nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga bisa menahan diri.

Jika tidak puas dengan hasil pemilu, Mega mengingatkan ada mekanisme yang bisa diambil. Mekanisme tersebut diatur dalam undang-undang.

Ma’ruf Amin juga menyampaikan hal yang sama. Dia berharap semua pihak sabar menunggu hasil Pemilu 2019.

Setelah itu, baru bisa ditentukan langkah yang akan diambilnya bersama Jokowi. “Negosiasi tentu jalan, tetapi upaya-upaya ke arah itu kita tunggu setelah 22 Mei. 22 Mei sudah diumumkan baru kita lakukan langkah-langkah konkret,” kata Ma’ruf.  

Dalam pertemuan itu, Megawati ditemani putrinya Puan Maharani dan Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah. Sementara itu, Ma’ruf ditemani putri pertamanya Siti Ma’rifah. (goek)