Mbak Titin Ajak Masyarakat Jadikan Nilai Kemanusiaan sebagai Dasar Bersikap

Loading

SURABAYA – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, Agustin Poliana, ajak masyarakat untuk menggelorakan nilai kemanusiaan dalam tiap perilaku.

Hal tersebut disampaikan Mbak Titin, sapaan akrab Agustin Poliana, dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bertajuk “Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam Penerapan Budi Pekerti dan Sosial Masyarakat” di Mercure Hotel Grand Mirama Surabaya, Sabtu (5/11/2022).

“Nilai kemanusiaan saat ini sebenarnya sudah, cuman ada paham radikal yang merusak sehingga membuat tidak ada kepedulian antar sesama,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini rasa kemanusiaan sudah berbeda. Kini, hal tersebut makin terkikis dengan perkembangan zaman. Banyak orang yang menjadi individualis dan tidak peduli sesama.

Misalnya, budaya membantu tetangga saat pindahan, menjenguk tetangga sakit, yang dulu lazim kini sudah jarang ditemui.

Karena itu, Mbak Titin ingin menanamkan rasa kemanusiaan sebagai dasar budi pekerti untuk diteruskan ke generasi mendatang. Salah satunya dengan menjadikan ibu-ibu warga Dupak sebagai peserta Wasbang.

“Peserta perempuan karena kepedulian itu datang dari ibu-ibu. Dari ibu lah kepedulian dan kemanusiaan itu sehingga itu tertanam kan di sendi kehidupan hingga saat ini,” tuturnya.

Ia meyakini, jika ini tercapai, maka kedepan bangsa akan rukun dan tidak mudah dipecah belah oleh paham radikal.

“Sehingga rasa itu tertanam mulai kecil, sudah tertanam jiwa kemanusiaan terhadap anak-anak masa depan mereka masih jauh,” tandasnya. (nia/set)